Apa Itu Akuntansi ? Pengertian dan Dasar Akuntansi

Bisnis

Apa Itu Akuntansi? Akuntansi merupakan suatu proses catat-mencatan ,meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan . Akuntansi bertujuan untuk menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Akuntansi ada sejak peradaban kuno ,pada saat perkembangan dalam penulisan, penghitungan dan sistem uang. Bukti dari adanya akuntansi ini adalah adanya pembukuan entri ganda yang dipelopori dalam komunitas Yahudi di Timur Tengah abad pertengahan awal dan selanjutnya disempurnakan di Eropa abad pertengahan.

Dasar Akuntansi

Yang paling mendasar pada saat mempelajari akuntasi adalah harus mengetahui istilah ALOE. ALOE berperan penting dalam dunia akuntansi . Pengertian ALOE adalah A ( Assets / Aset ) L (Liabilities/Kewajiban) O E ( Owner’s Equity/Ekuitas Pemilik).

Persamaan dasar akuntasi 

Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik

Assets : Barang milik pribadi. Barng ini bernilai dan dapat digantikan oleh uang sebagai imbalannya.

Liabilities : Kewajiban atas apa yang dimiliki . Baik barang milik pribadi ataupun sewaan .

Owner’s Equity : Jumlah total uang tunai yang diinvestasikan seseorang dalam suatu organisasi . Tidak hany berupa uang , bisa berupa barang/produk .

Apa Itu Akuntansi

Proses Akuntansi 

#1. Mencatat

Dalam proses ini, mencatat berbagai transaksi yang dibuat dalam perusahaan . Harus dilakukan dengan secara teliti , sistematis dan berurutan . Ada 3 tahap pencatatan transaksi keungan , yaitu :

  1. Menggunakan sistem yang akan membantu Anda dalam mengelola catatan keungan
  2. Melacak transaksi keuangan secara terperinci
  3. Menggabungkan laporan untuk menyajikan dalam satu set pada akhir laporan keuangan

#2. Meringkas

Data hasil pencatatan transaksi tidak diterima begitu saja , harus melalui proses meringkas ,karena ada beberapa data yang tidak terlalu penting .

#3. Pelaporan

Laporan ini ditujukan kepada pemilik perusahaan untuk mengetahui tentang berbagai keuangan yang terjadi dalam perusahaan dan bagaimana perusahaan menggunakan uang mereka. Terdapat 3 laporan yang di terima oleh oleh pemilik perusahaan , yaitu laporan tiap bulan , laporan 3 bulan sekali dan laporan tahunan .

#4. Menganalisa

Proses terakhir adalah menganalisa proses yang dilakukan dalam sebuah bisnis. Manajemen bertanggungjawab unutk memeriksa poin positif dan negatif . Tahapan yang dilakukan pada proses ini adalah membandingkan laba, penjualan , ekuitas dan sebagainya satu sama lain untuk menentukan dan menganalisis kinerja, mengambil keputusan dan membuat pertumbuhan suatu organisasi bisnis.

Macam Akuntansi

#1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan mengacu pada pelaporan informasi keuangan organisasi kepada pengguna informasi eksternal, seperti investor, calon investor dan kreditor.

#2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi ini mengacu pada pengukuran, analisis, dan pelaporan informasi yang dapat membantu manajer dalam membuat keputusan untuk memenuhi tujuan organisasi.

#3. Audit

Akuntansi Audit mengacu pada pemeriksaaan laporan keuangan melalui catatan akuntansi secara bebas, tanpa rahasia.

#4. Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak lebih mengacu pada perpajakan . Akuntansi pajak Meliputi penghitungan semua laporan pajak dalam memberikan solusi ataupun pertimbangan kepada perusahaaan dalam menghitung besaran pajak.

#5. Akuntansi Biaya

Akuntansi ini menekankan pemakaian dan penentuan biaya, serta mengendalikan biaya tersebut pada suatu perusahaan industri.

Demikianlah penjelasan mengenai akuntansi dan dasar-dasar akuntansi . Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya yang ada pada blog ini untuk menambah wawasan Anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *