cara budidaya ikan lele

Cara Budidaya Ikan Lele,Untung Besar!

Bisnis

Cara Budidaya Ikan Lele- Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki banyak peminat dari kalangan masyarakat Indonesia . Karena kandungan protein pada ikan lele sangat banyak . Namun, ada juga orang yang merasa jijik untung memakan ikan lele ini karena hidup di rawa atau empang .

Karena tingginya peminat ikan lele, sekarang banyak orang yang membudidayakannya di kolam lele lebih modern . Banyak orang yang memilih kolam terpal sebagai tempat ikan lelenya. Karena penggunaan kolam terpal sangat efesien , hemat dan ringkas .

Cara Budidaya Ikan Lele

Tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan saat akan bisnis ikan lele sebagai berikut.

#1. Persiapan Kolam

Hal pertama yang harus ada adalah kolam lele. Kolam bisa dari tanah , terpal , maupun semen . Namun, untuk saat ini kebanyakan orang menggunakan terpal . Dan pastikan juga kolam berukuran besar sehingga mengurangi resiko ikan lele mati karena kekurangan oksigen .

#2. Pemilihan Bibit Unggul

Bibit yang pilih saat ingin berbisnis ikan lele haruslah bibit unggul ,tidak mudah terserang penyakit, sehat dan lebih besar . Biasanya bibit unggul sangat gesit dan agresif saat pemberian makan dan memiliki warna terang .

#3. Ukuran Ikan Lele

Pisahkan ukuran lele yang berbeda pada kolam yang berbeda , ini dilakukan untuk menghindari ikan besar menyakiti ikan yang berukuran kecil . Jika tidak dipisahkan maka kualitas dari ikan tersebut berkurang karena lecet pada tubuhnya .

#4. Proses Perkawinan

Jika ingin melalukan perkawinan pada ikan lele, pastikan ikan lele siap kawin dari warna kelaminnya. Ikan jantan memiliki kelamin berwarna merah dan betina berwarna kuning . Sel telur akan menempel pada sarang selama 24 jam . Setelah itu akan menetas dan menjadi anakan ikan lele yang siap dipisahkan .

 

#5. Pemeliharaan

Air kolam tidak boleh digangti sebelum masa panen tiba agar ketenangan air tetap terjaga . Boleh menambahkan air kolam , asalkan benih lele sudah diberi makan sebelumnya.

Untuk pemberian makan,ikan lele diberi pakan berupa pelet, plankton, dan cacing . Beri pakan 3 kali dalam sehari . Pemberian pakan sangat baik dilakukan setelah matahari terbit agar polusi yang mencemari air hancur saat terkena sinar matahari.

#6. Panen

Ikan lele siap penen setelah mencapai ukuran 9-12 ekor/kg. Ukuran itu bisa dicapai sekitar 2,5-3,5 bulan dari benih berukuran 5,7 cm . Satu hari (24 jam) sebelum panen, sebaiknya ikan lele tidak diberi pakan agar tidak buang kotoran saat diangkut. Pisahkan ikan lele sesuai dengan ukurannya karena berpengaruh pada harga saat dijual .

Demikian beberapa cara untuk budidaya ikan lele sesuai harapan . Jangan sampai salah cara maka akan fatal, kerugian yang harus ditanggung sangat besar . Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *