cara membuat bisnis plan

Ini Dia Cara Membuat Bisnis Plan Yang Baik

Bisnis Tips

Sebuah bisnis yang sukses tentu saja tidak bisa terlepas dari pengaruh rencana bisnis yang baik dan tepat. Dunia bisnis merupakan dunia yang bisa menjanjikan keuntungan besar jika dilaksanakan atau dilakukan dengan tepat.

Sebaliknya sebuah bisnis juga bisa berakhir tragis jika bisnis tersebut tidak memiliki konsep yang jelas dan baik. Oleh karena itu sebuah bisnis plan atau rencana bisnis yang baik memiliki peranan penting bagi kesuksesan bisnis.

Kebanyakan orang menginginkan memiliki bisnis yang sukses, akan tetapi enggan membuat perencanaan bisnis sebelum memulai bisnisnya dengan berbagai macam alasan. Salah satunya adalah karena belum mengetahui konsep rencana bisnis yang baik itu seperti apa.

Mengapa rencana bisnis atau bisnis plan itu sangat penting untuk keberhasilan bisnis? Berikut ini adalah beberapa alasannya.

#1 Memulai Bisnis Lebih Lancar

Sebuah rencana bisnis didalamnya tentu saja memuat strategi-strategi bisnis mulai dari awal bisnis di jalankan sampai dengan perkembangan bisnis ke depannya.

Memulai bisnis tanpa rencana bisnis yang baik dan matang tentu akan merepotkan anda sebagai pelaku bisnis. Dan hal tersebut dapat membuat bisnis yang baru saja dimulai menjadi terhambat karena tidak adanya rencana bisnis yang memuat strategi-strategi bisnis untuk meraup keuntungan.

#2 Untuk Menggaet Investor atau Pendana

Rencana bisnis yang baik sangat berguna untuk menggaet investor atau pemilik dana agar mau mengucurkan dana kepada bisnis yang sedang anda jalankan.

Dengan adanya rencana bisnis yang matang dan baik anda tidak perlu bersusah payah lagi meyakinkan para cara investor agar mau mengucurkan dana terhadap bisnis yang anda jalankan.

#3 Agar Bisnis Lebih Fokus Dan Terarah

Tujuan bisnis yang akan dicapai bisa menjadi bisa lebih terarah dan membuat anda menjadi lebih fokus untuk mencapai tujuan tersebut jika sudah tertuang dalam rencana bisnis.

Fokus pada tujuan bisnis yang hendak dicapai merupakan syarat mutlak keberhasilan bisnis. Rencana bisnis yang sudah anda buat akan membantu fokus anda mencapai tujuan tersebut.

#4 Perkiraan Bisnis di Masa Depan

Perencanaan bisnis juga bisa berfungsi sebagai perkiraan masa depan bisnis yang akan di jalani. Tentu saja jika di dalam perencanaan bisnis sudah tertuang rencana-rencana bisnis jangka pendek,  menengah, atau Panjang.

Semua rencana bisnis tersebut harus melalui riset yang mendalam agar ketepatan perkiraan perkembangan bisnis dimasa depan bisa dipertanggung jawabkan. Perkiraan perkembangan bisnis di masa depan lebih mengarah kepada inovasi-inovasi bisnis yang dibutuhkan oleh konsumen.

#5 Agar Bisnis Cepat Berkembang

Tidak bisa dipungkiri lagi indikator sebuah bisnis itu berhasil adalah berkembang bukan stagnan atau berjalan ditempat tanpa ada perkembangan. Bisnis Plan yang matang akan membantu bisnis cepat berkembang.

Jika perkembangan bisnis bisa menjadi sangat signifikan maka keberhasilan bisnis sebenarnya sudah tercapai. Hanya saja yang perlu diingat adalah perkembangan tersebut tentu saja karena adanya bisnis plan atau rencana bisnis yang baik.

Cara Membuat Bisnis Plan Yang Baik

Berikut ini adalah cara membuat bisnis plan yang baik untuk keberhasilan bisnis.

#1 Ringkasan Bisnis Secara Singkat

Di bagian awal bisnis plan harus tercantum ringkasan bisnis yang diuraikan dan dijabarkan secara singkat. Ringkasan singkat disini berisi penjelasan tentang bisnis, visi dan misi, target bisnis serta rencana perkembangan bisnis.

#2 Latar Belakang Bisnis

Apa yang melatar belakangi anda merintis dan menjalankan bisnis perlu untuk dituliskan secara jelas di bisnis plan. Cantumkan siapa saja yang terlibat di dalam bisnis tersebut, struktur organisasi, pemilik modal atau saham dan lainnya.

#3 Analisis Produksi

Bagian ini menjelaskan bagaimana produksi sebuah produk pada bisnis anda sampai di tangan konsumen. Baik itu bisnis berupa produk ataupun berupa jasa, harus dijelaskan bagaimana proses produksinya dan bagaimana proses distribusi sampai pada konsumen.

#4 Analisis Tenaga Kerja

Sumber daya manusia yang tepat dan sesuai sasaran merupakan penentu keberhasilan bisnis anda. Maka lakukan analisis tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi ataupun operasional. Analisis kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan keahlian atau kompetensi yang dibutuhkan.

#5 Analisis Pemasaran

Ujung tombak bisnis yang menunjang kesuksesan adalah pemasaran, sehingga diperlukan analisis pemasaran yang baik pada setiap rencana bisnis yang dibuat. Rancanglah strategi pemasaran, analisis tren pemasaran dan  target pasar yang baik untuk menunjang kesuksesan bisnis.

#6 Analisis Keuangan dan Kebutuhan Modal

Analisis keuangan serta aliran uang masuk dan keluar perlu diproyeksikan terlebih dahulu sebelum bisnis dimulai. Analisis keuangan akan memberi kemudahan gambaran berapa modal yang dibutuhkan, berapa nilai keuntungan yang akan dihasilkan.

#7 Rencana Pengembangan Bisnis

Rencana ekspansi atau pengembangan bisnis perlu untuk dicantumkan pada bisnis plan yang sedang anda buat. Rencana pengembangan bisnis ini tentu saja untuk mencapai target-target bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.

#8 Analisis Resiko

Terakhir yang perlu ada pada setiap bisnis plan atau perencanaan bisnis adalah analisis resiko bisnis yang terjadi. Jangan lupa untuk menyertakan strategi dalam menghadapi resiko tersebut, karena hal ini berkaitan erat dengan manajemen resiko.

Kesimpulan

Susunlah bisnis plan yang baik sebelum memulai bisnis, jika memang diperlukan pilihlah seorang konsultan bisnis dari kalangan professional untuk menunjan kesuksesan bisnis anda.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *