cara memulai bisnis rumahan

Cara Memulai Bisnis Rumahan Agar Target Sukses Dapat Tercapai

Bisnis Tips

Banyak pertanyaan dari para sobat modal bisnis tentang bagaimana cara memulai bisnis rumahan secara efisien. Maksud dari efisien disini adalah dengan waktu tidak terlalu lama kesuksesan sudah tampak di depan mata. Dan langkah apa yang harus dilakukan oleh para pebisnis pemula agar bisnis yang dirintis meraih kesuksesan.

Berbisnis merupakan sebuah ikhtiar yang dilakukan manusia atau siapa saja untuk mendapatkan penghasilan. Masalah sukses atau tidak sukses merupakan rahasia Ilahi yang tidak bisa ditebak dengan mengandalkan logika manusia. Yang perlu dilakukan oleh manusia jika ingin bisnis rintisannya menjadi sukses adalah mengoptimalkan segala daya upaya yang menjadi sebab-sebab kesuksesan tersebut.

Terus apa saja yang perlu dilakukan atau diupayakan saat memulai bisnis rumahan agar target kesuksesan bisa segera tercapai? Berikut ini adalah ulasannya

Cara Memulai Bisnis Rumahan

#1 Positive Thinking

Baca Juga : Macam-macam Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Tapi Menjanjikan Keuntungan Besar

Berpikir positif bahwa bisnis rumahan yang akan anda jalani bisa segera sukses wajib selalu ada dalam pikiran dan benak anda. Sebab dengan berpikir positif motivasi dari dalam diri untuk sukses bisa muncul yang akan membuat anda selalu semangat menjalaninya.

Hindari berpikir negatif seperti pikiran “bagaimana jika gagal?” atau “bagaimana jika tidak balik modal?” jika perlu buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Sebab berpikir negatif hanya akan membuat diri anda ketakutan sendiri dan ini merupakan faktor utama penyebab mengapa para pebisnis pemula banyak yang  gagal.

#2 Tentukan Tujuan Bisnis

Baca Juga : Cara Ampuh Untuk Closing Dengan Waktu Cepat!

Cara memulai bisnis rumahan yang tidak boleh ketinggalan adalah menentukan tujuan bisnis terlebih dahulu sebelum anda memulainya. Sebaiknya anda tentukan tujuan bisnis rumahan yang akan dijalani secara realistis dan masuk akal.

Misalnya, “Tujuan bisnis rumahan saya adalah menambah penghasilan sebanyak 5 juta setiap minggu nya”. Dengan menetapkan tujuan seperti itu anda pasti tidak akan pernah berhenti berusaha sekuat tenaga dengan memaksimalkan sumber daya yang ada pada diri anda agar tujuan tersebut tercapai.

#3 Buat RAB Bisnis

Baca Juga : Lebih Baik Reseller atau Dropship ? Simak Perbedaannya!

Rencana Anggaran Biaya (RAB) bisnis harus anda buat dengan teliti terlebih dahulu untuk menentukan seberapa besar modal bisnis yang anda butuhkan.  Susunlah RAB dengan teliti dan seksama agar ketemu dengan benar berapa jumlah modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis rumahan.

RAB Bisnis ini juga berguna dikemudian hari jika anda ingin men scale up atau memperbesar bisnis yang sudah anda rintis.  Jangan pernah memulai bisnis tanpa perhitungan yang tepat, lakukan semua dengan seksama dan teliti. Jika diperlukan konsultasikan dengan konsultan bisnis.

#4 Tunggu Even Yang Tepat

Baca Juga : Cara Membuat Bit.ly WhatsApp Dengan Mudah!

Tak perlu buru-buru melaunching bisnis rumahan yang baru anda rintis, tunggulah even yang benar-benar tepat untuk melakukan launching nya. Pilihan soft launching merupakan pilihan tepat jika anda merencanakan produk bisnis rumahan akan dilaunching pada suatu even.

Misalnya untuk bisnis rumahan berupa makanan ringan atau snack bisa menunggu even bulan ramadhan atau hari-hari lainnya yang istimewa. Pemilihan even yang tepat akan membuat produk anda sulit dilupakan oleh client atau konsumen karena akan memiliki kenangan tersendiri.

#5 Lakukan Promosi

Baca Juga : Kunci Sukses Membangun Bisnis Kecil Menjadi Besar Yang Harus Anda Coba

Promosi merupakan hal penting lainnya yang harus dilakukan jika anda ingin sukses memulai bisnis rumahan. Tujuan dari promosi adalah memperkenalkan produk dari bisnis yang anda jalankan, baik produk itu berupa barang ataupun jasa.

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini promosi bisa dilakukan secara online untuk menekan biaya atau modal. Promosi secara online bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis. Secara manual misalnya dengan menggunakan Whatsapp blast, update story di WA atau IG, update status di facebook dan lainnya secara manual.

Sedangkan secara otomatis anda bisa menggunakan layanan-layanan ads di platform social media seperti FB Ads atau google ads.

#Penutup

Intinya kerja keras dan usaha maksimal mutlak diperlukan untuk meraih kesuksesan menjalankan bisnis rumahan. Jangan lupa minta dukungan dari anggota keluarga tercinta sebelum memulai bisnis rumahan. Berdoa kepada Tuhan juga penting untuk dilakukan agar bisnis rumahan yang anda jalankan bisa sukses sesuai dengan target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *