Free Ongkir? Kepoin Yuk Pengertian dan Syaratnya!

Bisnis

Free on

Free Ongkir- Dalam melakukan bisnis jual beli online , biasanya biaya pengiriman dibebankan kepada pembeli. Jadi , pembeli akan membayar barang yang dibeli ditambahkan dengan biaya kirim. Biaya pengiriman tersebut biasanya disebut dengan ongkir atau ongkos kirim.

Biasanya ongkos kirim tergntung pada berat dan wilayah tujuan . Dan juga biasanya harga ongkir jauh lebih besar dibandingkan dari harga produk yang dibeli . Hal tersebut bisa terjadi jika wilayah yang dituju lebih jauh dari wilayah penjualnya.

Pengertian Free Ongkir

Free Ongkir disini adalah bebas ongkos kirim sebagai promo yang ditawarkan pengelola bisnis online untuk menarik pembeli . Promo ini sangat efektif dalam meningkatkan penjualan bisnis. Biasanya penjualan online akan berganbung dengan market place yang menawarkan bebas ongkir.

Namun, ada beberapa syarat tertentu dan dapat membuat pembeli terjebak . Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang ada pada promo bebas ongkir .

Syarat dan Ketentuan

#1. Bersifat Sementara

Mengapa hanya sementara ? jika permanen maka penjual akan mengalami kerugian . Strategi ini sangat efektif dalam menarik pembeli sebanyak mungkin . Hal ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang baru melakukan launching .

free ongkir

#2. Ada Ketentuan

Ketentuan yang biasanya digunakan adalah nilai belanja ,misal harus pembelian produk senilai Rp. 50.000 baru kita bisa mendapatkan gratis ongkir . Dan juga bisa tergantung dengan bert paket , jika pembelian produk dengan berat 2kg baru kita mendapatkan gratis ongkir . Namun , jika lebih dari 2kg maka pihak market place hanya menanggung ongkos kirim yang 2kg saja .

#3. Pada Acara Tertentu

Acara yang dimaksud adalah seperti acara hari besar Nasional ataupun peringatan ulang tahun beberapa perusahaan . Ini dilakukan karena mampu menaikkan omset penjualan produk dengan cepat . Dan juga biasanya pada acara tertentu banyak yang sedang membutuhkan sesuatu ,sehingga pihak market place memberikan promo gratis ongkir .

Tips Memberikan Gratis Ongkir

1. Utamakan Up Harga

Sebuah toko yang memberikan free ongkir biasanya sudah sebelumnya sudah menaikkan harga barang jualannya. Kenakan harga pada dagangannya tidak seenaknya pastinya sudah melakukan cross chek harga terlebih dahulu dengan kompetitor.

2. Memastikan Margin

Margin merupakan persentase keuntungan yang didapat dari barang produk yang dijual. Nah sebelum menaikkan harga pastikan margin Anda oke dan free ongkir bisa diterapkan .

3. Mainkan Target Lokasi Saat Beriklan

Jika produk Anda dinaikkan sebesar Rp 10.000, maka buatlah iklan di Facebook Ads yang target location nya hanya ongkir di kisaran Rp 10.000/kg.  Kalau harga produk Anda masih bisa untuk dinaikkan hingga Rp 20.000, Anda bisa menerapkan target yang lebih besar untuk iklan Anda.

4. Strateri Pembelian Min Mendapatkan Free Ongkir

Pembelian minimal yang telah ditentukan bisa diterapkan jika margin Anda tidak memungkinkan untuk free ongkir harga satuan. Anda bisa menerapkan rule sesuai Anda sendiri misal beli 5 free ongkir atau belanja min. Rp. 20.000 free ongkir .

5. Gunakan Marketplace

Marketplace digunakan untuk mempermudah atau mengurangi biaya ongkir yang mahal . Anda harus memiliki akun di marketplace ,baru Anda dapat berbelanja dengan subsidi ongkir sampai dengan nominal tertentu. Gunakan sistem dropship dan kirim ke customer . Namun jika ternyata ongkir lebih mahal dari marketplace dan Anda ingin membatalkannya Anda bisa bilang bahwa barang tersebut sold out. Sedikit kejam sih .. hehehe..

Itulah pengertian free online dan syarat free ongkir. Gunakan promo gratis ongkir dengan baik dan bijak . Pastikan apa Anda membeli barang atau produk yang Anda butuhkan . Semoga artikel ini bermanfaat dan pastinya memberikan motivasi bagi orang yang melakukan bisnis online .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *