kekurangan bisnis online

7 Kekurangan Bisnis Online Ini Wajib Anda Ketahui

Bisnis Tips

Bisnis terfavorit yang di jalankan pebisnis dagang adalah bisnis online, bisnis ini memang memiliki banyak kelebihan. Sudah tak asing terdengar bisnis online adalah bisnis yang sangat menguntungkan bagi orang yang menjalankan nya.

Alasan itu karena bisnis online tidak membutuhkan modal yang banyak, anda hanya perlu menyiapkan smartphone, koneksi internet dan list katalog produk yang akan anda jual. Anda tidak perlu sekolah bisnis dan yang lain nya, hanya menyiapkan beberapa hal di atas anda pun sudah bisa langsung memulai berbisnis online.

Nah dengan beberapa kelebihan di atas, anda juga perlu mengetahui beberapa kerugian yang harus anda hadapi ketika berbisnis online. Penasaran apa saja kekurangan berbisnis online? Yuk simak artikel ini akan memberikan beberapa kekurangan bisnis online yang wajib anda ketahui…

Kekurangan Bisnis Online

#1 Anda harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup

Mungkin di pikiran anda berbisnis online sangatlah mudah, hanya perlu memposting foto di sosial media dan bisnis berjalan lancar. Itu adalah persepsi yang salah, berbisnis online meskipun tidak perlu bersekolah bisnis anda harus memiliki skill dan pengetahuan yang cukup!

Mengapa demikian? Karena berbisnis online hanya bermodal kan foto dan keterangan ketika anda menawarkan produk  ke para customer. Anda harus memiliki skill dan pengetahuan yang cukup untuk menarik customer membeli produk anda.

#2 Daya saing yang tinggi

Kekurangan dalam bisnis online yang selanjutnya adalah daya saing yang cukup tinggi. Hal ini karena bisnis online tergolong membutuhkan modal yang tidak cukup banyak dan mendapatkan laba yang besar, tentunya ini menjadi daya tarik yang tinggi bagi para pebisnis.

Bagi anda yang baru menjalani bisnis online, ini akan sangat sulit agar produk anda laris terjual. Karena bisnis online sudah menjamur di kalangan masyarakat indonesia bahkan luar negeri.

#3 Maraknya penipuan

Penipuan memang masalah yang sangat sering terjadi dalam berbisnis online. Karena berbisnis online adalah bisnis melalui perantara smarthphone, anda dan pembeli tidak akan bertemu secara langsung.

Penipuan yang sering terjadi yaitu customer mengirimkan bukti transfer yang palsu, dan anda baru menyadari ketika barang sudah di kirim. Hal ini tentunya akan membuat anda rugi dalam menjalankan bisnis online.

#4 Harus memiliki sikap sabar yang tinggi

Kekurangan selanjutnya yaitu anda harus memiliki sikap sabar yang tinggi, sebenarnya sikap sabar dan ramah adalah hal yang wajib ketika berbisnis. Namun ketika berbisnis online, anda harus memiliki sikap sabar yang tinggi karena customer dan anda tidak berbicara secara lisan.

Ketika anda berbisnis online tentunya akan di hadapi oleh berbagai sifat yang berbeda, selain itu anda juga akan menghadapi customer yang hanya banyak bertanya tanpa membeli. Hal itu sudah sangat wajar di alami oleh pebisnis online, anda harus pandai mengatur emosi ketika mendapatkan customer yang hanya sekedar bertanya.

#5 Sering di bandingkan dengan online shop lain nya

Sering di banding bandingkan dengan online shop yang lainnya juga adalah hal yang sering terjadi ketika berbisnis online. Masih sama dengan poin nomer 4 anda harus sabar ketika pelanggan membandingkan produk anda dengan online shop lain nya.

Hal yang sering di bandingkan adalah harga, padahal anda memiliki alasan lain ketika produk memiliki harga yang berbeda dengan online shop yang lain misalnya kualitas produk. Terkadang meskipun produk yang ditawarkan sama tetapi kualitas produk anda mungkin berbeda dengan online shop yang lainnya.

#6 Omset menurun ketika tidak up to date

Barang yang di jual di online shop adalah barang yang masih belum dipasarkan di offline shop. Ketika anda tidak up to date tentunya ini akan membuat omset anda turun karena barang yang sudah ketinggalalan zaman.

Dengan begitu anda perlu melakukan beberapa penelitian barang apa yang sedang hits dan banyak di cari oleh para customer.

#7 Tidak bisa bekerja tanpa adanya koneksi internet

Ketika memulai berbisnis online tentunya sangat jelas anda memerlukan koneksi internet. Ketika jaringan lemot pekerjaan akan terbengkalai, dan kemungkinan besar para calon pembeli akan gagal membeli produk anda di karenakan memiliki respon yang lambat.

Jadi ketika hendak memulai berbisnis online pastikan terlebih dahulu koneksi internet anda bagus.

Berbisnis online memang memiliki kelebihan yang sangat banyak, namun ada kekurangan yang harus diketahui sebelum memulai berbisnis online. Nah itulah beberapa kekurangan dalam menjalankan bisnis online yang perlu anda ketahui.

Namun kekurangan bisnis online ini tidak perlu anda takutkan, karena kekurangan tersebut masih bisa anda cegah. Sekian artikel dari kami ini semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *