menentukan harga jual

Tips Praktis Mementukan Harga Jual Yang Sesuai

Bisnis Tips

Menentukan harga jual – Ketika menjual suatu produk, tentunya ini akan membuat anda merasa bingung untuk menentukan harga produk penjualan yang tepat. Dengan begini beragam petimbangan akan di lakukan demi mendapatkan harga produk yang bagus dan baik.

Untuk menentukan harga produk penjualan tentunya ada 2  hal yang selalu di fikirkan, yaitu takut terlalu murah ataupun terlalu mahal. Ketika produk murah ini akan membuat meningkatnya penjualan namun kemungkinan besar anda akan mendapatkan laba yang kecil ataupun mengalami kerugian.

Juga sebaliknya ketika harga yang anda tawarkan terlalu mahal, ini akan membuat anda mendapatkan laba yang cukup besar. Namun di balik keuntungan yang besar ini akan bedampak pada menurun nya penjualan dalam bisnis anda.

Kini anda tidak perlu kawatir, yuk simak artikel ini akan membantu anda dalam menentukan harga produk penjualan yang tepat.

Menentukan Harga Jual

#1 Sesuaikan dengan kualitas material produk

Cara pertama untuk menentukan harga yang tepat yaitu dengan menyesuaikan kualitas material produk. Anda harus mencatat semua material yang digunakan saat membuat produk, selain itu catatlah juga semua biaya transport yang digunakan saat membeli semua material tersebut.

Dengan cara ini anda akan mengetahui Harga Pokok Penjualan (HPP) beserta laba yang akan di peroleh. Selain itu dengan cara ini akan meminimalisir kekurangan yang akan di alami.

#2 Tentukan tujuan pembeli

Saat  memulai berbisnis hal utama yang harus dilakukan yaitu dengan menentukan tujuan pembeli. Misal tujuan pembeli adalah remaja, maka harga yang di pasarkan pun harus sesuai dengan kantong remaja.

Hal ini sangat penting karena tentunya akan berpengaruh pada kualitas material produk. Ketika tujuan pembeli adalah golongan remaja, mereka tidak akan memikirkan material yang digunakan jadi harga yang ditawarkan pun harus relatif murah.

Lain hal nya jika target pembeli adalah karyawan kantoran atau investor, anda harus menaruh harga yang tinggi dan dengan kualitas yang bagus. Hal ini karena biasanya karyawan kantoran akan membeli produk dengan kualitas terbaik walaupun dengan harga yang agak tinggi.

#3 Sesuaikan dengan harga pasar

Nah yang selanjutnya yaitu menyesuaikan dengan harga pasar, ini bertujuan agar nantinya anda memiliki patokan harga yang tepat saat menentukan harga produk penjualan. Cara ini sangat penting karena ketika harga produk penjualan berada di atas harga pasaran, maka dengan otomatis produk tidak akan terjual dengan laris.

#4 Lakukan observasi

Setelah anda menyesuaikan dengan harga pasar dan mendapatkan harga yang tepat, selanjutnya lakukanlah observasi dengan melakukan penelitiaan ke beberapa toko. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengetahui kualitas produk dari segi harga maupun bahan dari toko lain.

Dengan begitu ini akan membantu anda dalam meningkatkan kualitas produk dari segi harga maupun bahan

#5 Pertimbangkan Metode penjualan

Nah yang terakhir yaitu pertimbangkanlah metode penjualan, maksudnya ketika anda menjual produk secara grosir tentunkanlah harga lebih murah daripada harga normalnya. Hal ini karena pembelian grosir adalah pembelian dalam jumlah yang besar, ketika harga produk mahal tentu saja produk tidak akan laris terjual.

Sebaliknya ketika anda menjual produk dengan metode ecer, tentukanlah harga produk lebih mahal dari harga grosir. Alasan nya karena metode penjualan ecer membutuhkan jangka waktu yang cukup lama dalam penjualan.

Nah itulah beberapa tips menentukan harga produk penjualan agar laris di pasaran, semoga artikel ini bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *