menulis deskripsi produk

Cara Mudah Menulis Deskripsi Produk Bisnis Online

Bisnis

Cara penulisan deskripsi produk sangat berpengaruh untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan. Sebab, dalam bisnis online, konsumen deskripsi produk merupakan sarana konsumen untuk mengenali produk yang dijual.

Jadi, buatlah deskripsi produk dengan lengkap dan semenarik mungkin. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas karena kelengkapan informasi yang disediakan.

Dalam menulis deskripsi produk, anda dituntut untuk menjadi kreatif. Dengan adanya deskripsi yang kreatif, maka konsumen tidak akan merasa bosan saat membaca informasi produk.

Berikut ini cara penulisan deskripsi produk yang tepat.

Cara menulis deskripsi Produk

#1 Tunjukkan Kelebihan Produk

Sebagai pebisnis online, tentu saja anda harus mengenali produk yang akan dijual. Cobalah untuk mencari tahu apa saja kelebihan produk yang akan ditawarkan.

Carilah alasan yang tepat kena konsumen harus membeli produk anda. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menarik minat pelanggan agar mau membeli produk.

Lakukan juga suvey pada toko online yang menawarkan produk sejenis untuk mengetahui apa saja kelebihan yang ditunjukkan pada produk mereka. Lalu, buatlah deskripsi yang lebih baik, unik, dan menarik pada pada produk anda.

#2 Gunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan kalimat yang bertujuan untuk membujuk. Begitu juga dalam bisnis online, penulisan deskripsi produk menggunakan kalimat persuasif bertujuan untuk membujuk konsumen secara halus agar mereka mau membeli produk.

Jadi, dalam penulisan deskripsi produk, sangat direkomendasikan untuk menggunakan kalimat persuasif. Penggunaan kalimat persuasif juga akan membuat deskripsi produk menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Akan lebih baik lagi jika anda tidak terlalu banyak menunjukkan kelebihan dari produk. Namun, menunjukkan manfaat apa yang akan diperoleh konsumen dengan membeli produk.

#3 Gunakan Keyword yang Sesuai

Menulis deskripsi produk online tentu berbeda dengan penulisan deskripsi produk offline. Pelanggan yang biasanya mencari produk di internet mengharuskan penjual untuk memperhatikan SEO.

Jadi, anda harus menyertakan keyword maksimal tiga kali dalam deskripsi produk. Pemilihan keyword pun harus tepat dan sesuai dengan produk yang dijual.

#4 Pasang Foto yang Menarik

Dalam bisnis online, pelanggan tidak dapat melihat produk secara langsung, tetapi melalui foto yang disediakan oleh penjual. Jadi, pemasangan foto produk harus menarik untuk meningkatkan minat pembeli.

Foto yang diposting harus jelas dan memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu konsumen akan lebih tertarik untuk melihat produk dan membeli produk anda.

Akan lebih baik jika menggunakan foto testimoni dari pelanggan yang telah membeli produk anda. Dengan begitu, konsumen akan merasa lebih yakin dan percaya dengan produk yang dijual.

#5 Buat Deskripsi dalam Bentuk List atau Tabel

Membuat deskripsi produk berupa paragraf akan membuat konsumen merasa bosan karena bacaan yang terlalu panjang. Namun, deskripsi yang terlalu singkat juga akan membuat kosumen kurang memahami informasi produk.

Membuat deskripsi dalam bentuk tabel atau list bisa dijadikan solusi. Terutama jika informasi yang perlu disampaikan cukup panjang.

Dengan membuat bentuk tabel atau list, bacaan akan terlihat lebih sedikit dan rapi. Penggunaan tabel atau list juga akan memudahkan pelanggan untuk memahami informasi produk.

Jadi, buatlah deskripsi dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Dengan begitu, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk karena informasi yang disampaikan menarik dan mudah dipahami.

Deskripsi produk berisi informasi berupa fitur dan manfaat serta alasan kenapa konsumen harus membeli produk yang ditawarkan. Jadi, cobalah untuk membuat deskripsi produk yang menarik dan informatif agar pelanggan tertarik untuk membeli produk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *