pengertian bisnis model canvas

Pengertian Bisnis Model Canvas Beserta Elemen-Elemennya

Bisnis

Model bisnis merupakan metode yang membantu setiap perusahaan untuk menjelaskan mengenai kondisi internal perusahaan. Tidak hanya itu saja , modal bisnis juga menjelaskan kebutuhan konsumen yang akan dipenuhi oleh perusahaan .

Bisnis Model Canvas menjadi salah satu alat analisis modal bisnis popular dengan penyajian data secara sederhana namun menyeluruh terhadap sembilan komponen esensial bisnis .Berikut penjelasan pengertian bisnis model canvas dan elemen-elemen mengenai Bisnis Model Canvas .

Pengertian Bisnis Model Canvas

Bisnis Model Canvas (BMC) adalah kerangka kerja yang dikenal banyak untuk mendefinisikan model bisnis startup. Kanvas disusun bertujuan untuk menjelaskan, menilai, memvisualisasikan, serta mengubah model bisnis sehingga kinerja yang dihasilkan oleh startup lebih maksimal.

Business Model Canvas pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation. Dan dalam buku ini, Alexander Osterwalder menjelaskan sebuah framework sederhana dalam mempresentasikan elemen-elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis secara sederhana dan mudah dimengerti. Intinya bahwa model bisnis itu terdiri dari 9 elemen yang disebut sebagai 9 building blocks.

Penggunaan BMC memiliki keunggulan dalam analisis model bisnis, yaitu mampu menggambarkan secara sederhana dan menyeluruh terhadap kondisi suatu organisasi saat ini berdasarkan segmen konsumen, value yang ditawarkan, jalur penawaran nilai, hubungan dengan pelangan, aliran pendapatan, aset vital, mitra kerja sama, serta struktur biaya yang dimiliki.

Bisnis Model Canvas

Elemen-Elemen Bisnis Model Canvas

#1. Customer Segmentation

Pada costumer segments ini Anda menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi targer bisnis Anda. Satu segment konsumen tidak hanya satu segmen saja bisa beragam segmen dalam sebuah produk . Masing-masing segment pelanggan harus dipahami karakteristiknya secara mendalam.

#2. Value Proposition

Value proposition merupakan penjelasan dan rincian dari  keunggulan produk, dan poin-poin yang bisa mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi target pelanggannya. Disini Anda bisa menjelaskan keunggulan tentang bisnis Anda . Pastikan data yang Anda jabarkan asli tanpa ada kepalsuan.

#3. Channels

Channels ini merupakan media yang akan Anda gunakan dalam memasarkan bisnis kepada customer Anda. Dalam memilih channels yang akan Anda gunakan harus dipikirkan dengan baik ,karena ini menjadi penentu bagi keberhasilan bisnis Anda .

#4. Revenue Streams

Pada elemen ini bagian dimana suatu perusahaan mendapatkan pendapatan dari aktivitas kesehariannya. Elemen ini harus dikelola dengan baik dan maksimal. Tiap produk/layanan bisa memiliki mekanisme yang berbeda dan bisa memiliki lebih dari satu mekanisme.

#5. Key Resource

Elemen ini berisikan daftar sumber daya yang telah direncankan dn dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka . Contoh dari key resource adalah computer , ruang kerja , karyawan , kendaraan , listrik dan lain sebagainya .

#6. Key Parteners

Partners ini untuk mendukung perusahaan Anda dalam mewujudkan bisnis yang dikelola . Ini bermanfaat untuk efesiensi dn efektivitas dari key activites yang telah dibuat . Dengan melakukan hubungan dengan perusahaan lain maka perusahaan Anda dapat berkembang dengan cepat dan maksimal .

#7. Customer Relationship

Pada elemen ini Anda harus bisa memahami konsumen Anda dan mendekati mereka . Pastikan mereka mendapatkan pelayanan yang terbaik dan tidak membuat mereka berpaling dan memilih ke bisnis lainnya .

#8. Key Activites

Key Activites ini berisikan tentang semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis  dan produk yang dipasarkan. Aktivitas ini dilakukan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada customer ,sehingga dapat diterima dengan baik .

#9. Cost Structure

Cost Structure ini tentang pembiayaan bisnis dan pengelolaannya . Pastikan dikelola secara efesien dan efektif sehingga membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan resiko kerugian .

Itulah pengertian mengenai Bisnis Modal Canva dan elemen pendukungnya . Pastikan paham tentang ini sebelum memulai sebuah bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *