perbedaan food service dan food retail

Perbedaan Food Service dan Food Retail Yang Harus Anda Tahu

Bisnis

Dunia bisnis kuliner memang menjanjikan keuntungan besar, tak ayal banyak yang mencoba untuk menekuninya. Tingginya permintaan macam kuliner bukan hanya sekedar untuk kebutuhan makan sehari-hari saja.

Bisnis kuliner juga bisa dikembangkan sebagai tempat untuk berkumpul, meeting, rapat ataupun sekedar kongkow. Artinya menu makanan yang disediakan saat ini harus dibarengi dengan kelengkapan fasilitas yang disediakan untuk membuat betah pengunjung.

Jika dilihat dari macam bisnis kuliner yang ada saat ini bisnis kuliner bisa dibagi menjadi dua kategori inti yaitu Food Service dan Food Retail. simak perbedaan food service dan food retail berikut ini

Perbedaan Food Service dan Food Retail

#1 Food Service

Food service merupakan bisnis kuliner yang fokus pada layanan penyediaan makanan atau minuman untuk konsumen. Biasanya berupa makanan siap saji yang bisa langsung dikonsumsi di tempat tersebut.

Contoh food service sangat banyak ditemui saat ini, seperti cafe, warteg, restoran, depot, bahkan untuk memanjakan konsumen ada beberapa cafe yang dilengkapi dengan co working space.

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini biasanya bisnis food service terintegrasi dengan aplikasi ojek online.

Tentu saja hal ini juga bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran agar bisnis food service bisa dikenal oleh konsumen.

Jika anda tertarik memulai bisnis atau usaha di bidang bisnis food service ini setidaknya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu, yaitu :

  • Sesuaikan dengan modal

Pastikan bisnis food service yang akan anda buka sesuai dengan modal yang anda miliki. Tidak perlu memaksakan diri membuka food service berskala besar jika modal yang anda miliki hanya cukup untuk membuka food service berskala sedang. Biarkan bisnis anda berjalan dan mengalami kemajuan secara alami.

  • Lokasi 

Lokasi yang strategis tentu saja bisa berdampak positif pada perkembangan bisnis yang anda jalankan. Jadi sebelum anda membuka bisnis food service pastikan anda sudah memilih lokasi yang tepat.

  • Menu yang disediakan

Menu utama yang unik dan menarik merupakan inti dari bisnis kuliner, sebelum membuka layanan food service ada baiknya jika anda sudah memiliki menu andalan untuk konsumen anda.

#2 Food Retail

Food retail merupakan bisnis kuliner yang fokus pada distribusi makanan dan minuman dalam area yang sangat luas. Biasanya food retail menyediakan makanan dan minuman yang bersifat tahan lama seperti froozen food atau minuman dalam kemasan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai bisnis kuliner dengan kategori food retail ini :

  • Tentukan jenis food retail

Pertama anda harus menentukan jenis food retail yang akan dikembangkan dan kemudian komitmen pada pilihan anda tersebut.

Misalkan jika anda memilih food retail frozen food anda harus menentukan merk dan jenis frozen food yang akan anda jalankan.

Meskipun anda seorang pebisnis pemula setidaknya anda sudah paham mengenai positioning dan branding dari produk frozen food yang akan anda pasarkan.

Anda juga bisa melakukan riset sendiri untuk memproduksi produk frozen food sendiri berdasarkan pengaalaman anda memasarkan frozen food yang sudah terkenal.

  • Perhatikan modal awal

Modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis food retail ini harus anda perhatikan secara teliti. Hitung secara detail kebutuhan modal yang dibutuhkan, jika memang dibuthkan anda bisa menjalin kerjasama dengan vendor-vendor food retail yang sudah terkenal.

  • Menjual Secara Online

Pasar online tentu saja akan membuat produk food retail anda menjangkau daerah-daerah yang lebih luas. Jadi pastikan anda juga bisa mendistribusikannya secara online. Pelajari cara pengemasan yang baik dan jalin kerjasama dengan perusahaan delivery service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *