Rekening Koran Adalah?Pengertian dan Kegunaan!

Bisnis

Rekening Koran- Semakin berkembangnya teknologi di jaman modern ini, pembukuan keuangan semakin cagih dan mudah. Pastinya setiap orang saat ini memiliki tabungan di bank untuk masa depannya . Saat menabung pihak bank akan memberikan satu kartu dan satu buku tabungan . Buku tersebut akan menjadi tempat untuk mengetahui alur transaksi yang terjadi dengan uangmu.

rekening koran adalah

Alur transaksi tersebut bisa kamu dapatkan ketika kamu meminta resepsionis bank untuk mencetaknya. Nah hasil cetakan itulah yang biasa disebut rekening koran . Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Rekening Koran. Yuk kita lihat bersama!

Rekening Koran adalah

Awalnya rekening koran berasal dari bahasa Belanda yaitu courant yang berisi tentang laporan keuangan atau transaksi. Secara umun , rekening koran adalah ringakasan transaksi dalam satu rekening , baik itu individu ataupun rekening badan usaha. Isi pada ringkasan tersebut adalah alur keuangan dalam transaksi seperti kredit , debit , keluar dan masuknya.

Rekening koran merupakan laporan yang diberikan bank kepada nasabah. Sebelum perkembangan teknologi seperti saat ini , nasabah hanya bisa melihat rincian data transaksi melalui rekening koran yang mereka minta kepada resepsionis bank . Itupun pada setiap bank memiliki ketentuan dan sistem percetakan yang berbeda-beda.

Dahulu para nasabah mendapatkan informasi mengenai data transaksinya melalui customer service bank itupun harus meminta persetujuan dari para senior atau atasannya . Untuk saat ini para nasabah bisa mendapatkan data transaksinya melalui sistem online. Nasabah bisa melihat melalui mobile application , website bank ataupun melalui mesin ATM.

Fungsi Rekening Koran

#1. Mengajukan Visa

Visa digunakan jika Anda ingin berlibur atau bekerja keluar negeri . Sebagian negara mewajibkan pengunjungnya memiliki visa sebagai bukti bahwa pengunjung memiliki cukup dana untuk tinggal di negara yang dituju.

Biasanya persyaratan yang diminta seperti, Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan 21, Slip Gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan , serta Daftar Riwayat Transaksi terakhir yang di dapat dari percetakan rekening koran.

#2. Mengetahui Ringkasan Transaksi

Pada umumnya rekening koran berbentuk seperti buku tabungan . Rekening koran memberitahukan informasi mengenai saldo awal-akhir bulan , mutasi debit , mutasi kredit, bunga bank dan biaya administrasi dalam kurum waktu 3 bulan sekali. Nasabah bisa mengajukan kepada customer service bank kapan rekening koran akan di ambil, dengan begitu pihak bank akan mencetak sesuai waktu yang telah diminta.

#3. Pembuktian Hukum

Rekening koran dapat dijadikan sebagai pembuktian hukum jika Anda terlibat perselisihan dengan pihak lain yang terkait dengan transaksi . Kebanyakan yang terjadi adalah saat berbelanja online yang membayar melalui transfer. Konsumen tidak mendapatkan pesanannya karena pihak penjual belum menerima uang terkirim atas nama pembeli ,itulah yang menjadi masalah . Maka pihak pembeli bisa memberikan bukti melalui rekening koran miliknya tersebut.

#4. Mengajukan Pinjaman

rekening koran adalah

Jika Anda membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank , Anda akan diminta catatan riwayat transaksi keuangan oleh pihak bank. Seperti fotokopi lembar rekening koran yang dikeluarkan bank .

Bagi seseorang yang bukan pegawai perusahaan wajib untuk menyerahkan rekening koran untuk dijadikan sebagai dokumen yang dapat menunjang saat mengajukan permohonan tertentu . Hal ini guna untuk memberikan bukti bahwa ada alur keuangan yang baik pada rekening Anda.

#5. Peserta Lelang

Untuk menjadi peserta pelelangan proyek besar yang membutuhkan laporan keuangan yang valid harus menyerahkan rekening koran yang dimiliki . Ini dilakukan utnuk membuktikan bahwa Anda layak untuk menjadi peserta lelang . Mengapa ? Jika tidak dikhawatirkan suatu saat terjadi masalah yang menyebabkan Anda mengalami kerugian karena saldo yang Anda miliki tidak mencukupi.

Demikianlah informasi mengenai Rekening Koran . Semoga menambah wawasan dan ilmu Anda mengenai Rekening Koran . Kunjungi website kami dan baca artikel yang telah kami sediakan untuk menambah ilmu pengetahuan Anda . Terimakasih .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *