Segmentasi Pasar-Pengertian,Tujuan,Manfaat,dan Prosedur

Bisnis

Mungkin kalian kerap mendengar kata segmentasi pasar,namun belum semua mengerti makna dari segmentasi pasar. Berikut penjelasan mengenai segmentasi pasar, tujuan , manfaat , dan prosedur yang ada dalam segmentasi pasar.

Pengertian Segmentasi Pasar

Tahukah kalian , bahwa segmentasi pasar atau yang biasa disebut dengan market segmentation adalah suatu pembagian kelompok pembeli atau konsumen dalam pasar tertentu yang mempunyai kebutuhan , karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang sama.

Segmentasi pasar digunakan untuk mengenali minat serta kebutuhan konsumen di dalam pasar tertentu sehingga mampu menciptakan prosuk baru yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen tersebut.

Tujuan Segmentasi Pasar

Sebenarnya tujuan utama dari market segmentation adalah untuk membagi market yang masih sangat luas menjadi beberapa market yang sifatnya homogen. Berikut ini penjelasan tujuan dari market segmentation lebih rinci lagi.

#1. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih  Baik

Empat hal yang sangat sering diperhatikan oleh konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya adalah harga, kualitas, pelayanan, serta ketepatan waktu. Dengan adanya pengelompokan konsumen yang sifatnya homogen maka perusahaan akan lebih mudah memhami apa saja yang dibutuhkan dan diminati oleh konsumen.

#2. Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Dengan sifat pasar yang homogen membuat strategi pemasaran menjadi lebih mudah terarah dibandingkan dengan pasar yang memiliki sifat heterogen. Pada pasar homogen penyusunan pemasaran yang meliputi produks, harga, distribusi, dan promosi. Dengan strategi pasar yang terarah akan meningkatkan keuntungan yang didapatkan.

#3. Mengenal Kompetitor

Setelah mampu memahami konsumen yang ada pada segmen pasar , selanjutnya perusahaan juga harus mengenal siapa saja yang termasuk kompetitor di segmen yang sama dan aktivitas apa yang dilakukan oleh kompetitor.  Dengan begitu perusahaan bisa mempelajari dan meniru strategi pemasaran kompetitor sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

#4. Evaluasi dan Target Bisnis

Setelah memahami segmen pasar dan karakteristiknya, maka perusahaan dapat melakukan sesuatu evaluasi atas kegiatan pemasaran yang dilakukan sebelumnya. Perusahaan akan mengetahui apakah strategi pemasaran sudah sesuai dengan karakteristik pasar sehingga dapat menjadi acuan di bisnis selanjutnya.

Manfaat Segmentasi Pasar

Berikut manfaat dari market segmentation bagi sebuah perusahaan.

#1. Ide Pemasaran Terarah

Perusahaan dapat memiliki ide dan bisa menerapkan ide pemasarannya tersebut agar lebih terarah.

#2. Membantu Mengatur Produk

Perusahaan akan lebih terbantu untuk mengatur produk agar memiliki kualitas yang lebih baik.

#3. Membantu Mendapatkan Pasar Segmentasi

Perusahaan mendapatkan peluang pasar yang baru dengan cara mengetahui serta membandingkan peluang tersebut.

#4. Memudahkan Mengatur Budget

Perusahaan dapat mengatur budget perusahaan secara efesien dan efektif. Perusahaan mampu menyusun serta menggunakan budget perusahaan agar lebih teratur.

#5. Meningkatkan Daya Tarik Konsumen

Segmentasi pasar akan membuat perusahaan dapat meningkatkan daya tarik konsumen ketika memasarkan produknya.

#6. Memperoleh Posisi Menguntungkan

Dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan.

Prosedur Segmentasi Pasar

Market segmentation merupakan strategi bisnis yang dilakukan dengan prosedur tertentu. Berikut ini prosedur dalam segmentasi pemasaran.

#1. Survey Stage

Survei setiap perusahaan berbeda-beda, ada yang dalam bentuk wawancara , tebar angket ataupun meminta saran dan minat masyarakat. Tujuannya adalah agar pihak perusahaan memiliki data awal terkait masyarakat yang ada di pasar tertentu. Jika data sudah didapatkan, maka bisa menerapkan langkah yang kedua.

#2. Analysis Stage

Data-data awal yang diperoleh harus dianalisis terlebih dahulu. Analisis digunakna untuk mencari tau alasan-alasan munculnya sikap dan motivasi konsumen. Setelah itu hasil analisis ini akan menjadi langkah awal pengelompokan sesuai dengan sikap,motivasi dan alasan-alasannya yang sama.

#3. Profiling Stage

Merupakan prosedur market segmentation yang mana perusahaan mulai mengidentifikasi beberapa kelompok konsumen. Data survei dan analisis menjadi acuan dalam proses ini. Dari proses ini akan muncul data nama kelompok yang akan dijadikan sebagai target penjualan.

Demikianlah pengertian, tujuan , manfaat dan prosedur dari market segmentation. Semoga bermanfaat dalam menjalankan bsinis kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *