strategi pemasarn digital

Strategi Pemasaran Digital Untuk Launching Produk Baru

Bisnis Tips

Strategi Pemasaran Digital – Di dunia bisnis apapun itu tim marketing atau pemasaran memiliki peran yang sangat penting. Sebagai ujung tombak perusahaan dalam memasarkan produk, tim marketing wajib mengetahui strategi pemasaran produk yang akan digunakan.

Secara garis besar teknik pemasaran yang biasa digunakan terbagi menjadi dua, yaitu Pemasaran Digital (Digital Marketing/DM) dan Pemasaran Konvensional (Marketing Konvensional/MK). Dua teknik pemasaran tersebut bisa sama-sama dikerjakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya.

Namun yang tidak boleh dipandang remeh adalah strategi dalam melaksanakan dua teknis pemasaran tersebut. Karena strategi akan menentukan langkah-langkah apa yang harus dieksekusi oleh tim marketing.

Pada postingan kali ini blog Mobis akan berbagi tips strategi pemasaran digital khususnya untuk me-launching produk baru.

Teknik Digital Marketing atau pemasaran digital tidak hanya digunakan untuk memasarkan produk-produk digital saja. Akan tetapi bisa juga digunakan untuk memasarkan produk lainnya yang terlihat bentuk nya. Seperti mobil, motor, rumah, buku, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun sebuah strategi pemasaran digital, khususnya untuk barang atau produk yang baru di launching.

Strategi Pemasaran Digital

#1 Strategi Go-To-Market

Strategi ini akan mengkonsep bagaimana caranya agar produk yang dijual oleh perusahaan sampai ke tangan para pembeli. Pengembangan strategi Go-To-Market (GTM) yang benar akan membawa perusahaan menguasai pasar sesuai dengan target konsumennya.

Sebaliknya juga demikian, jika strategi GTM gagal untuk dijalankkan pasti target konsumen dan target penjualan akan gagal tercapai. Sehingga sangat penting untuk menyusun strategi GTM dengan benar sebelum produk benar-benar launching.

Setidaknya, seorang supervisor pemasaran mampu menjawab beberapa pertanyaan penting di bawah ini terlebih dahulu sebelum menetapkan strategi GTM yang akan digunakan.

  1. Apakah produk yang akan dilaunching benar-benar dibutuhkan oleh konsumen?
  2. Siapa kompetitor utama dari produk yang anda pasarkan?
  3. Siapa target konsumen dari produk yang anda pasarkan?
  4. Bagaimana cara agar produk yang anda pasarkan berada di hadapan konsumen?
  5. Strategi pemasaran digital seperti apa yang mampu membuat konsumen tertarik dan membeli produk anda?
  6. Apa yang bisa dijadikan sebagai profit dari produk yang anda pasarkan?

#2 Meningkatkan Kualitas Produk

Agar tujuan pemasaran bisa tercapai secara maksimal, yang dibutuhkan adalah pengenalan produk berupa tester terlebih dahulu kepada target konsumen. Bisa di berikan secara gratis atau membayar dengan separuh harga. Kemudian mintalah feedback kira-kira apa yang bisa ditingkatkan dari produk tester tersebur.

Produk tester juga bisa berupa prototype yang di sebarkan kepada target konsumen. Setelah feedback didapatkan diskusikan dengan tim untuk memperoleh kesimpulan apa yang bisa ditingkatkan pada produk yang anda jual.

Jangan terburu-buru untuk melaunching produk jika tahapan ini belum di lakukan, sebab tahapan ini memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan produk anda di pasar.

#3 Buat Rencana Promosi Untuk Digital Marketing

Promosi mutlak diperlukan untuk mengenalkan produk yang anda launching, salah satu promosi yang biasa digunakan oleh banyak perusahaan adalah konten marketing.

Hanya saja untuk meningkatkan penjualan, anda bisa menentukan jenis promosi digital lainnya seperti email marketing, video marketing, iklan, dan kampanye di sosial media.

Anda juga bisa menggunakan jasa Marketing Komunikasi yang banyak tersedia secara online, akan tetapi ada baiknya jika anda melatih tim marketing anda terlebih dahulu untuk melakukan promosi. Karena pengalaman dalam melakukan promosi seperti iklan dan kampanye di sosial media bisa terasah.

#4 Memilih Waktu yang Tepat Untuk Launching

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah pemilihan waktu yang tepat untuk melaunching produk, perhatikan kompetitor produk apakah akan melakukan launching juga atau agenda lain pada waktu yang sama.

Manfaatkan momen-momen khusus yang tercatat pada kalender untuk melakukan launching, agar produk yang anda launching meninggalkan kenangan khusus juga dalam ingatan konsumen.

Semoga tips strategi pemasaran digital di atas bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *