Strategi Pemasaran Produk-Laris Manis!

Bisnis

Strategi pemasaran produk- adalah proses penentuan rencana terus-menerus mencapai sebuah hasil akhir tentang apa yang di harapkan oleh pelanggan dari masa depan akan sebuah kebutuhan yang memuaskan dari produsen terhadap konsumen tentang penetapan harga, promosi serta penyaluran barang dan jasa.

Terdapat beberapa istilah pada dunia pemasaran yaitu, kebutuhan (needs), keinginan (wants), permintaan (demand), produk (products), pertukaran (exchange), transaksi (transcation) dan pasar (markets). Ini menjadi tahap awal jika ingin berhasil dalam melakukan pemasaran.

Namun banyak perusahaan sering mengalami kesulitan karena mereka menitiberatkan pada produksi produk saja dan kemudian melaksanakannya. Ada beberapa strategi yang cocok digunakan untuk mempermudah melakukan pemasaran .

Strategi Pemasaran Produk

#1. Langkah Strategi Pemasaran Produk

Langkah-langkah strategi antara lain:
a. Memutuskan proposisi nilai.
b. Mendiferensiasikan penawaran pasar untuk menciptakan nilai pelanggan
yang unggul.
c. Positioning memposisikan penawaran pasar dalam fikiran pelanggan pasar.
d. Menciptakan nilai bagi pelanggan sasaran.
e. Memilih pelanggan yang dilayani.
f. Segmen membagi seluruh pasar menjadi segmen yang lebih kecil.
g. Penetapan sasaran memilih satu atau beberapa segmen yang dimasukin.

  • 1) Segmentasi pasar ( Market Segmentation) – Segmentasi pasar membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil dan kebutuhan, karekteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran tersendiri.
  • 2) Penetapan target pasar (Market Targeting) – Penetapan target targeting yaitu proses mengevaluasi daya tarik masing-masing untuk segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk dimasuki. Anda juga harus bisa mengenali pasar Anda, kuasailah target pasar Anda. Misal Anda menjual produk kecantikan , maka target Anda seperti perempuan yang gemar memakai produk kecantikan.
  • 3) Mempromosikan Produk (Posititioning) – Posititioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Dalam menentukan positionig ada 4 (Empat) tahap yaitu identifikasi target, menentukan frame of reference pelanggan, merumuskan point of differentiation (Mengapa konsumen memilih perusahaan, menetapkan keunggulan kompetitif produk) bisa dinikmati sebagai sesuatu yang beda. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi. Karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda sangat aktif menggunakannya.
  • 4)Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Konsumen – Anda bisa meminta testimoni-tesmino tentang produk anda kepada mereka dan memberikan semacam reward diskon belanja kepada mereka. Hal ini dapat membuat perusahaan merasa dihargai dan baik di mata mereka dan mempermudah Anda dalam mempromosikan produk Anda .
  • 5)Evaluasi dan Meningkatkan Produk- Evaluasi kelebihan dan kekrangan produk Anda. Kembangkan kelebihan yang dimiliki produk dan kurangi kelemahan yang ada pada produk. Pelajari sesuatu hal yang dapat meningkatkan produk Anda sehingga pelanggan akan semakin terpuaskan.
  • 6)Memberi Insentif Rekomendasi- Suatu produk akan terlihat bagus dan bisa dipercaya jika ada yang merekomendasikan. Untuk mendapatkan sebuah rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik.
  • Mulut ke mulut- Tim pemasaran Anda berkomunikasi langsung dengan konsumen. Setelah itu mereka akan merasa puas dengan produk yang Anda tawarkan , maka konseumen tersebut akan memberitahu konsumen lainnya yang berpotensi untuk membeli produk tersebut.

Itulah beberapa strategi dalam memasarkan produk Anda . Pastikan produk yang ditawarkan memiliki kualitas baik sehingga mudah diterima oleh konsumen. Dan juga Anda harus mulai mengelola keuangan dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis pun akan terus berkembang. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam melakukan bisnis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *