Unsur-Unsur Manajemen?Simak Penjelasannya!

Bisnis

Unsur-Unsur Manajemen Manajemen merupakan proses merencanakan , mengarahkan , mengorganisir, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien melalui pemanfaatan sumber daya organisasi.

Pada umumnya , manajemen berfungsi untuk mengatur menjalankan bisnis Anda sehingga berjalan dengan teratur yang dapat memudahkan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda .

Fungsi Manajemen

Manajemen memiliki 4 fungsi utama , yaitu :

1. Perencanaan

unsur-unsru manajemen

Perencanaan dilakukan untuk menyusun kegiatan apa saja yang akan dikerjakan oleh organisani untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan cara baik. Perencanaan merupakan hal yang terpenting dari keseluruhan proses manajemen yang ada , karena tanpa adanya perencanaan yang matang maka bisnis Anda tidak akan berjalan dengan lancar .

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian ini berfungsi untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Di perusahaan pengorganisasian dibagi berdasarkan fungsi pokok , misalnya pemasaran, akuntansi, produksi, administrasi, dan sebagainya.

Pengorganisasian bisa dilakukan dengan menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakan , siapa yang bertanggungjawab atas tugas tersebut , hingga pada tingkatan mana keputusan harus diambil .

3. Pengarahan

Metode yang digunakan pada tahapan ini ada 2 , yaitu influencing dan motivating . Pada proses pengarahan kegiatan yang dilakukan yaitu :

  • Membimbing dan memberi motivasi kepada pekerja supaya bisa bekerja secara efektif dan efesien
  • Memberi tugas serta penjelasan secara rutin tentang pekerjaan
  • Menjelaskan semua kebijakan yang sudah diterapkan
4. Pengendalian

Kegiatan yang meliputi pada fungsi pengendalian ,yaitu :

  • Untuk menentukan standar prestasi
  • Mengukur pretasi yang telah dicapai
  • Melakukan perbaikan apabila ada penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditentukan

Unsur-Unsur Manajemen

1. Sumber Daya Manusia

unsur-unsru manajemen

Manusia merupakan unsur terpenting dalam kesuksesan sebuah manajemen. Manusia dalam manajemen untuk menjalankan setiap kegiatan mencapai tujuan bisnis, misalnya kegiatan pelaksanaan ,perencanaan , pengawasan , pengorganisasian .

2. Uang

Uang menjadi unsur yang penting dalam menjalankan bisnis , yaitu sebagai modal awal dalam membuka bisnis . Uang juga sebagai alat pengukur nilai . Keberhasilan suatu perusahaan dilihat dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan.

Perusahaan harus menyediakan banyak uang untuk membeli mesin baru ,  membayar gaji karyawan , hingga beberapa banyak yang harus didapatkan demi mendapatkan keuntungan .

3. Bahan

Terdapat 2 jenis bahan yang bisa dijadikan sebagai usaha dalam melakukan bisnis,yaitu bahan mentah dan bahan jadi . Dalam mengolah bahan tersebut diperlukan adanya sumber daya manusia . Kedua unsur tersebut saling berkaitan untuk meningkatkan bisnis yang Anda jalankan .

4. Mesin

unsur-unsur manajemen

Untuk mengolah bahan yang tersedia pada perusahaan tersebut pastinya diperlukan adanya mesin pengolah untuk menjadi produk yang siap dipasarkan . Dengan adanya mesin ini akan membantu mempersingkat waktu dan tenaga pada karyawan yang bekerja . Selain itu , produk yang dihasilkan pun pastinya akan lebih berkualitas .

5. Metode

Metodo ini digunakan untuk menentukan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilakukan. Metode ditetapkan sebagai Standar Operasional yang baku , yang berperan untuk meningkatkan punggunaan semua sumber daya dan faktor-faktor produksi,sehingga kegiatan perusahaan bisa berjalan secara efektif dan efesien.

6. Pasar

Sebuah perusahaan harus isa memahami pemasaran dengan baik untuk bisa memasarkan hasil produksinya. Pasar sangat penting untuk dikuasai demi kelangsungan proses produksi suatu perusahaan. Jika tidak proses produksi suatu barang akan terhenti apabila barang-barang yang diproduksi tidak laku atau tidak diminati oleh konsumen.

Unsur-unsur manajemen menjadi sebagai penentu arah perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan . Keenam unsur manajemen tersebut saling berkaitan erat satu sama lainnya, yang memiliki fungsi masing-masing demi kelancaran perusahaan yang sedang dijalankan . Demikianlah penjelasan mengenai unsur-unsur manajemen dari Modal Bisnis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda . Kunjungi website kami tiap harinya untuk mendapatkan update-an artikel baru . Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *