Cara Bedakan Kebutuhan dan Keinginan Berbelanja!

Gaya Hidup

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan dan keinginan. Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan saat membelanjakan uangnya. Biar nggak bingung, yuk, simak ulasan berikut ini!

Kebutuhan merupakan sesuatu yang membuat seseorang tak dapat hidup tanpanya, misalnya rumah, makanan, kesehatan serta transportasi untuk berangkat kerja.  Listrik untuk rumah, makanan untuk makan, dan juga telepon untuk menghubungi seseorang juga termasuk dalam kategori kebutuhan.

Keinginan merupakan sesuatu yang diinginkan tetapi seseorang mungkin bisa hidup tanpanya. Misal, ketika ingin untuk pergi makan malam sehingga tidak perlu untuk memasak, atau ingin untuk membeli iPhone 12 terbaru meskipun ponsel yang lama masih berfungsi dengan baik.

Banyak sekali orang yang mencampurkan keinginan dan kebutuhan mereka, dan membuat mereka memiliki pengeluaran yang cukup besar sehingga mengalangi tujuan mereka. Agar tidak salah dalam memisahkan keinginan dan kebutuhan simak ulasan berikut ini!

#1 Memutuskan Keinginan untuk Menambah Nilai Hidup

Jika kamu ada keinginan membeli sesuatu yang bukan seharusnya kamu beli, ada baiknyan kamu memikirkan terlebih dahulu dan memperhatikan benda yang akan dibeli.  Dengan begitu kamu tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk hal yang tidak penting.

#2 Berhemat

Strategi yang baik adalah berhemat. Ini mampu membuatnya tidak terbiasa untuk membayar yang tidak seharusnya kalian beli. Dengan terus mencoba untuk berhemat bisa membuat pengeluaranmu berkurang setiap bulannya.

Misal, jika kamu memiliki paket internet mahal karena kebiasaan tetapi tidak pernah menonton semua saluran, kamu bisa memilih paket yang lebih murah dan menghemat uang.

#3 Kenali Cara Membeli yang Benar

Jika kalian suka bermain game, pastinya kalian ingin membeli PS5 yang baru rilis kan. Nah, memang tidak salah jika ingin membeli PS5 ini, namun kamu perlu memastikan kamu sanggup untuk membelinya. Jika tidak, maka kalian harus menabung terlebih dahulu dan perlu menganalisis anggaran mana yang bisa kalian potong untuk menabung.

#4 Daftar Kebutuhan Masa Depan

Kamu juga perlu memikirkan kebutuhan masa depanmu. Misalnya, tabungan, investasi, dana darurat, asuransi jiwa serta asuransi kesehatan, dan lainnya. Dengan membuat daftar kebutuhan untuk masa depan ini, maka kamu tidak akan lupa untuk sekadar menganggarkannya setiap bulannya. Sehingga kamu tidak akan dengan mudah menggunakan uangnya untuk berfoya-foya.

#5 Memisahkan di Rekening Berbeda

Hindarilah menggabungkan uangmu dalam satu rekening saja, karena ini dapat membuatmu kesulitan mengolahnya. Ada baiknya untuk membedakan setiap keperluana besar di rekening yang berbeda. Sehingga semua dana untuk kebutuhanmu tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya, apalagi sampai digunakan untuk hal yang tidak penting.

Kamu juga bisa  membuat 3 rekening terpisah, yakni rekening untuk kebutuhan pokok, rekening untuk simpanan, dan juga rekening buat sekadar keinginan atau hiburan. Pemisahan rekening ini akan mempermudahmu menentukan dan mengelola setiap dana yang dialokasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *