tips hidup hemat untuk anak kos

Tips Hidup Hemat Untuk Anak Kost

Gaya Hidup

Biasanya anak kost banyak mengalami kesulitan karena uang saku yang semakin menipis di akhir bulan. Belum lagi jika ada keperluan mendesak seperti untuk fotocopy atau kebutuhan lainnya.

Hal ini bisa disebabkan karena kurang nya pemahaman tentang mengatur keuangan dengan baik. Sebagai anak kost, anda dituntut untuk bisa mengelola keuangan dan mengatur pengeluaran agar cukup hingga akhir bulan.

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan agar dapat mengatur keuangan dengan baik dan hidup lebih hemat.

Tips Hidup Hemat

#1 Buat Daftar Pengeluaran

Membuat daftar pengeluaran merupakan langkah penting agar bisa hidup hemat dan dapat mengatur keuangan dengan baik. Jadi, buatlah daftar pengeluaran bulanan yang lebih kecil dari jumlah uang saku yang didapat.

Anda juga bisa membuat skala prioritas untuk membantu membuat perencanaan keuangan yang baik. Skala prioritas merupakan sebuah daftar yang berisi kebutuhan diurutkan dari yang paling penting sampai yang kurang penting.

Sisa dari uang saku ini bisa ditabung dan digunakan sebagai persediaan jika ada keadaan darurat nantinya. Dengan melakukan cara ini juga akan membantu anda agar terhindar dari hutang.

#2 Tetapkan Jatah Uang per Hari

Tetapkan jatah jumlah uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam satu hari. Dengan memiliki target maksimal uang yang boleh dikeluarkan per hari akan membantu untuk menjadi lebih hemat.

Misalnya, untuk makan maksimal mengeluarkan uang tiga puluh ribu. Maka, harus diusahakan agar pengeluaran untuk makan tidak mencapai jumlah tersebut.

Sisa dari jatah uang makan ini bisa digunakan untuk keperluan lainnya, seperti fotocopy. Dengan begitu, anda tidak perlu menyisihkan uang untuk keperluan fotocopy atau keperluan lainnya.

Tapi, penting juga untuk menyediakan uang untuk keperluan lain jika saja ada kebutuhan yang cukup besar.

#3 Masak Makanan Sediri

Memasak makanan sendiri pasti akan lebih hemat dibandingkan dengan membeli makanan di warung. Selain itu, makanannya juga akan lebih sehat dan terjaga kebersihannya.

Anda juga bisa membawa makan siang sendiri dan membawa air minum dari kost-an untuk menghemat biaya pengeluaran.

#4 Cuci Pakaian Sendiri

Menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian akan membutuhkan banyak uang dibandingkan mencuci pakaian sendiri. Sedangkan, jika mencuci pakaian sendiri anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli detergen.

Namun, tidak masalah jika menggunakan jasa laundry sesekali jika anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci.

#5 Belanja Bulanan

Belilah kebutuhan bulanan anda sekaligus, hal ini akan lebih efisien dibandingkan harus pergi belanja berkali – kali. Selain untuk menghemat biaya transportasi, hal ini juga bertujuan untuk menghindari pembelian di luar kebutuhan.

Belanja bulanan merupakan cara efektif untuk membantu mengatur jumlah anggaran. Yang tidak kalah penting, anda harus membuat daftar belanja terlebih dahulu.

Dengan begitu, anda hanya akan berbelanja sesuai dengan daftar dan mengurangi kemungkinan membeli barang lainnya yang tidak diperlukan.

#6 Bawa Uang Pas Saat Bepergian

Bawalah uang pas saat pergi agar biaya yang dikeluarkan pun tidak berlebihan. Karena, biasanya saat bepergian dan membawa uang lebih, akan ada saja barang yang ingin dibeli.

Sehingga, pengeluaran pun menjadi tidak terkendali dan akhirnya hanya menjadi pemborosan.

#7 Kurangi Biaya Internet

Di era teknologi ini, banyak kegiatan yang harus dilakukan melalui internet. Sehingga, pembelian kuota internet pun telah menjadi kebutuhan.

Namun, anda bisa menguranginya dengan memanfaatkan wifi dan gunakan data hanya disaat tidak ada koneksi wifi. Dengan begitu, biaya untuk pembelian kuota internet akan menjadi lebih kecil.

#8 Hindari Kegiatan Kurang Penting

Hindarilah bepergian untuk kegiatan yang kurang penting, seperti menonton bioskop, pergi ke tempat hiburan, dan sebagainya. Kegiatan kurang penting seperti ini hanya akan mengakibatkan pemborosan dan pengeluaran yang tidak penting.

Untuk bisa hidup hemat, maka anda harus menghilangkan kebiasaan ini. Kegiatan seperti ini juga akan mempersulit dalam mengatur keuangan.

#9 Lakukan Pekerjaan Sampingan

Untuk menambah uang saku yang dimiliki, cobalah untuk melakukan pekerjaan sampingan. Tambahan penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan ini, bisa digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan.

#10 Biasakan Untuk Menabung

Menabunglah setiap kali memiliki kesempatan dan memiliki uang yang melebihi kebutuhan. Misalnya, disaat baru mendapatkan gaji dari pekerjaan sampingan atau ada sisa dari uang saku bulanan.

Maka, sebagian dari uang ini bisa digunakan untuk menabung. Akan lebih baik jika anda berusaha untuk menabungsecara rutin.

Uang tabungan ini akan sangat bermanfaat jika ada keperluan darurat atau bisa digunakan untuk kepentingan lainnya. Anda pasti akan membutuhkan tabungan ini sewaktu – waktu.

 

Sebagai anak kost, anda memang dituntut untuk bisa mengatur uang bulanan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga, uang yang dimiliki bisa mencukupi walaupun sampai akhir bulan.

Dengan melakukan tips tersebut diharapkan dapat membantu anda dalam mengelola keuangan dengan baik dan hidup lebih hemat.

 

https://www3.moneysmart.id/9-cara-hidup-hemat-ini-bikin-anak-kos-sejahtera-meski-akhir-bulan/

https://www.cermati.com/artikel/cara-atur-uang-bagi-anak-kos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *