6 Cara Tepat dan Cepat Menghilangkan Stress

Gaya Hidup

Cara Menghilangkan Stress – Setiap orang pasti pernah mengalami stres yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari stres karena masalah pekerjaan, banyaknya kebutuhan yang tidak didukung dengan kemampuan keuangan, atau penyebab lainnya.

Stres biasanya timbul akibat ketidakmampuan mengahapi beban atau tekanan hidup. Namun, ini merupakan hal yang wajar dan pernah dialami setiap orang.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini cara tepat menghilangkan stres yang bisa anda lakukan.

Cara Menghilangkan Stress

#1 Hirup Udara Segar

Cara menghilangkan stress yang pertama adalah menghirup udara segar. Udara segar mampu membantu menghilangkan stres dan membuat perasaan lebih tenang. Jadi, saat anda merasa stres segeralah pergi ke luar ruangan dan hirup udara segar walaupun hanya sebentar.

Tetap memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan hanya akan membuat stres semakin parah. Akibatnya, pekerjaan yang dilakukan tidak dapat memberikan hasil yang maksimal.

#2 Banyak Minum Air Putih

Stres dapat mengakibatkan cairan tubuh berkurang sehingga badan terasa lelah dan kurang bersemangat. Jadi, banyaklah minum air putih di saat anda mengalami stres.

Meminum air putih akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan menghilangkan rasa lelah. Sehingga, stres pun akan teratasi dan anda siap untuk kembali menjalankan aktifitas.

#3 Olahraga

Stres termasuk salah satu bentuk gangguan emosional jiwa yang dapat diatasi dengan berolahraga yang merupakan solusi untuk menguatkan jiwa. Selain itu, berolahraga juga akan menyehatkan tubuh sehinga anda akan merasa lebih segar. Olahraga teratur bisa anda jadikan terapi sebagai cara cepat menghilangkan stress

Saat berolahraga, tubuh juga akan mengambil lebih banyak oksigen. Sehingga pernafasan akan lebih lancar dan peredaran darah berjalan lebih cepat.

Berolahraga juga bermanfaat untuk memobilisasi otot dan menguatkan otot.

#4 Lakukan Meditasi

Meditasi bermanfaat untuk menghilangkan stres, rasa cemas, dan membantu melawan depresi. Hal ini karena dengan bermeditasi akan membuat anda berkonsentrasi dan melakukan relaksasi.

Melakukan hal ini saat mengalami stres, akan membatu membuat pernafasan lebih teratur serta membuat detak jantung dan tekanan darah kembali normal.Melakukan meditasi akan membuat hormon penyebab stres berkurang sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

Menurut penelitian, manfaat yang diberikan dengan bermeditasi selama 15 menit sama dengan berolahraga selama 1 jam. Melakukan meditasi tentu akan lebih efisien waktu dan akan membantu anda jika tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga.

#5 Hindari Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Makanan dengan karbohidrat tinggi seharusnya dihindari dalam kondisi apapun. Banyak memakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Meningkatnya kadar insulin ini akan membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah dan bisa mengakibatkan mood yang buruk. Hal ini tentu saja hanya akan memperburuk kondisi anda disaat mengalami stres.

#6 Istirahat yang Cukup

Saat mengalami stres, usahakan meluangkan waktu untuk beristirahat dan jangan memaksakan untuk tetap beraktifitas. Tubuh yang lelah akan kesulitan untuk mengatasi tekanan yang dialami tubuh.

Tubuh yang kurang beristirahat akan menyebabkan konsentrasi menurun sehingga tidak dapat fokus dalam menjalankan aktifitas. Akibatnya, anda tidak akan bisa melakukan pekerjaan secara maksimal.

Istirahatlah yang cukup sekitar 7 sampai 8 jam sehari untuk menyegarkan pikiran dan mengembalikan konsentrasi. Namun, jangan sampai tidur secara berlebihan, hal ini hanya akan menimbulkan rasa malas untuk beraktifitas.

Stres merupakan masalah yang pernah dialami setiap orang. Namun, anda tidak boleh memaksakan diri saat sedang mengalami stres.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres dan menenangkan pikiran. Dengan mencoba langkah tersebut yang sudah dijelaskan diharapkan dapat membantu di saat anda mengalami stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *