manfaat-menabung-sejak-dini

6 Manfaat Membiasakan Diri Menabung Sejak Dini

Gaya Hidup

Menabung bukanlah kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah memiliki penghasilan. Malah, seharusnya setiap orang sudah membiasakan menabung sejak dini dengan menyisihkan sebagian uang saku.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menabung, baik menabung di celengan, di sekolah, ataupun di bank. Manfaat menabung bukan hanya untuk membeli barang yang diinginkan atau untuk tabungan masa depan.

Tetapi, menabung memiliki banyak manfaat yang akan sangat berguna bagi kehidupan. Berikut ini 6 manfaat menabung sejak dini yang perlu anda ketahui.

Manfaat Menabung Sejak Dini

#1 Menjadi Pribadi yang Lebih Disiplin

Dengan membiasakan diri untuk menabung, secara tidak langsung dapat melatih diri menjadi pribadi yang lebih disiplin. Hal ini dikarenakan dengan menabung anda tidak akan membeli barang yang kurang diperlukan.

Diperlukan kedisiplinan dan tekad yang kuat agar bisa menyisihkan uang secara rutin untuk ditabung. Misalnya, dengan mengurangi pembelian barang yang bukan kebutuhan dan mengurangi bepergian yang bisa menghabiskan uang.

#2 Belajar Mengatur Keuangan

Selain menjadi seorang yang disiplin, menabung juga akan membuat terbiasa untuk belajar mengatur keuangan. Karena, agar bisa menabung secara rutin, anda dituntut untuk bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik dan tepat.

Tanpa bisa mengatur keuangan dengan baik, maka akan sulit untuk membiasakan diri menabung. Misalnya, setiap kali ada uang masuk, anda harus bisa mengatur jumlah uang yang akan digunakan untuk membeli barang kebutuhan dan berapa jumlah yang akan ditabung.

#3 Belajar Membuat Perencanaan Keuangan

Untuk bisa menabung dengan baik, perlu membuat rencana keuangan. Yaitu dengan cara membuat daftar barang apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan yang biasa disebut sebagai skala prioritas.

Susunlah urutan barang mulai dari yang paling dibutuhkan dan tidak dapat ditunda, sampai barang yang masih bisa ditunda pembeliannya. Membuat perencanaan keuangan bertujuan agar bisa mengetahui pengeluaran yang dibutuhkan dan membuat perencanaan yang sesuai dengan pendapatan.

Selain itu, dengan membuat perencanaan keuangan anda akan mengetahui kapan harus membeli barang yang dibutuhkan atau diinginkan. Dengan begitu, anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

#4 Melatih Hidup Sederhana dan Hemat

Dengan menabung akan membuat diri terbiasa untuk berhemat dan hidup sederhana sesuai dengan kebutuhan. Karena, untuk bisa menabung, anda pasti akan berusaha menyisihkan sebagian uang.

Anda juga dapat menghindarkan diri dari pembelian barang yang kurang bermanfaat. Daripada menggunakan uang untuk membelil barang yang tidak dibutuhkan, akan lebih baik jika ditabung.

#5 Bermanfaat di Saat Darurat

Dengan memiliki tabungan, akan sangat bermanfaat jika sewaktu – waktu ada kebutuhan mendesak dan uang yang dimiliki tidak cukup. Jadi, anda bisa mengambil sebagian tabungan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

#6 Menghindari Hutang

Selain dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, dengan memiliki tabungan dapat membantu menghindari hutang. Karena, jika memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi dalam jumlah besar, anda sudah memiliki persiapan dana yang telah dikumpulkan.

 

Membiasakan diri gemar menabung sejak dini ternyata memiliki banyak manfaat, kan? Menabung sangatlah berguna untuk melatih menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal mengatur keuangan.

Jadi, anda akan terbiasa untuk hidup lebih sederhana walaupun memiliki uang yang lebih. Sisa uang yang tidak digunakan bisa ditabung dan dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya.

Namun, tidak ada salahnya jika sekali – kali memakan makanan yang disukai dan membeli barang yang diinginkan. Misalnya, saat anda mendapatkan tambahan penghasilan, asalkan jangan sampai berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *