cara-menghilangkan-perilaku-konsumtif

8 Tips Ampuh Untuk Hilangkan Kebiasaan Konsumtif Anda

Gaya Hidup

Apakah anda termasuk seseorang yang memiliki gaya hidup konsumtif? Jika benar, maka artikel ini sangat tepat dan cocok untuk anda.

Perilaku konsumtif memang cukup menyenangkan, namun hal ini akan sangat merugikan anda nantinya. Jadi, mulailah untuk mengubah perilaku konsumtif walaupun perlahan, tapi harus dipastikan anda berubah menjadi lebih baik setiap harinya.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan agar kebiasaan berperilaku konsumtif dapat hilang? Berikut ini 8 tips ampuh yang bisa anda lakukan.

Cara Menghilangkan Perilaku Konsumtif

#1 Rajinlah Menabung

Menabung merupakan cara yang paling tepat dan efektif untuk menghilangkan gaya hidup konsumtif. Walaupun terlihat sederhana, namun menyisihkan sebagian uang bukanlah hal yang mudah terutama bagi anda yang memiliki sifat konsumtif.

Bahkan, ada sebagian orang yang sadar akan pentingnya menabung, tetapi belum bisa melaksanakannya dengan baik. Dan kebanyakan orang masih belum menyadari pentingnya menabung.

Untuk bisa berhasil dalam menabung, diperlukan tujuan dan tekad yang kuat yang dapat dijadikan sebagai motivasi agar rajin menabung. Tidak harus menabung dalam jumlah yang besar, sedikit juga tidak masalah asalkan rutin.

#2 Buat Susunan Anggaran

Membuat susunan anggaran sangatlah penting untuk membantu mengatur keuangan anda. Dalam anggaran ini berisi perencanaan pengeluaran baik harian maupun bulanan.

Catat setiap kebutuhan dan jumlah dana yang dibutuhkan, setelah itu urutkan dari yang paling penting sampai yang kurang penting. Catat juga setiap terjadi pemasukan dan pengeluaran agar keuangan menjadi lebih terencana.

Dari susunan anggaran ini nantinya dapat dilihat berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran anda. Lalu, lakukan evaluasi setiap akhir periode untuk membuat rencana keuangan yang lebih baik lagi di periode berikutnya.

#3 Utamakan Kebutuhan

Untuk menjadi lebih hemat dan menghilangkan perilaku konsumtif, maka anda harus bisa mengutamakan kebutuhan dan bukannya keinginan. Karena, kebutuhan tentu menjadi hal yang paling penting dan harus dipenuhi terlebih dahulu.

Jadi, utamakan kebutuhan terlebih dahulu, jika sudah terpenuhi barulah anda bisa memenuhi keinginan saat ada uang sisa. Bukan malah sebaliknya dan mengutamakan keinginan, hal ini akan sangat merugikan.

Misalnya, jika lebih mementingkan keinginan, lalu tiba – tiba ada kebutuhan yang tidak terduga dan tidak dapat ditunda pemenuhannya. Namun, uang yang dimiliki tidak cukup karena sudah digunakan untuk memenuhi keinginan.

Mau tidak mau anda harus mengambil uang tabungan atau dana cadangan. Itupun jika ada, bagaimana jika tidak memiliki tabungan atau dana cadangan?

Maka terpaksa anda akan mencari pinjaman uang baik kepada orang terdekat ataupun bank. Akhirnya, anda akan mengalami kerugian, karena sekali terjerat hutang akan sulit untuk keluar.

Hal ini disebabkan saat berhutang pendapatan anda akan terpotong untuk membayar hutang. Akibatnya, pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Pada akhirnya harus berhutang lagi, dan hal ini akan terus berlanjut sampai anda mau berubah dan menerapkan gaya hidup sederhana dan hemat.

#4 Jangan Gunakan Kartu Kredit

Hindarilah penggunaan kartu kredit, hal ini bisa membuat berbelanja menjadi tidak terkendali. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh penggunaan kartu kredit yang sangat mudah sehingga orang tidak memikirkan berapa jumlah uang yang telah dihabiskan.

Saat menggunakan kartu kredit, orang tidak akan sadar karena uang yang dihabiskan tidak terlihat. Namun, ketika mengetahui banyaknya tagihan dari belanja menggunakan kartu kredit barulah anda akan sadar dan menyesal.

Apalagi bagi  yang memiliki perilaku konsumtif, tentu saja hal ini malah akan membuat gaya hidup konsumtif anda semakin menjadi – jadi. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan kartu kredit mulai dari sekarang dan bisakan untuk menggunakan uang tunai saat berbelanja.

#5 Kurangi Bepergian

Bepergian dan jalan – jalan bersama orang terdekat memanglah menyenangkan. Namun, hal ini bisa membuat anda menjadi semakin boros.

Karena, saat bepergian atau jalan – jalan pasti akan muncul keinginan untuk membeli sesuatu. Dan pembelian ini tidaklah direncanakan sehingga bisa merusak anggaran belanja yan sudah dibuat.

Akibatnya, pengeluaran menjadi tidak terkendali dan bisa – bisa dana yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

#6 Beli Barang Dengan Teliti

Kurangi perilaku konsumtif dengan membeli barang sesuai dengan fungsinya dan memilih barang yang tidak terlalu mahal. Barang yang mahal belum tentu berkualitas, sebaliknya walaupun murah ada juga barang yang berkualitas.

Kualitas suatu barang ditentukan oleh ketelitian pembeli dalam memilih barang bukan ditentukan oleh harga.

#7 Lakukan Investasi

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Jadi, melakukan investasi bisa membantu anda dalam menyiapkan masa depan yang lebih baik dan menghindari perilaku konsumtif.

Anda bisa mencoba investasi gaya milenial dengna modal terjangkau di Modalbisnis. Raih keuntungan dengan cara membantu pemilik bisnis memperlebar dan memperbesar usahanya dengan menjadi investor di modalbisnis. Klik tautan https://modalbisnis.id untuk informasi lebih lanjut.

#8 Usahakan Untuk Bersedekah

Bersedekah merupakan cara paling ampuh untuk menghilangkan perilaku konsumtif. Pernahkah anda berpikir berapa banyak orang di luar sana yang kelaparan dan lebih menderita?

Jadi, hilangkan kebiasaan menghamburkan uang dan menggunakan uang untuk hal – hal yang tidak penting. Lebih baik jika menggunakannya untuk membantu mereka yang lebih membutuhkan.

 

Biasa melakukan gaya hidup konsumtif akan sangat merugikan anda, jadi berubahlah mulai dari sekarang. Jangan gunakan uang anda untuk sesuatu yang tidak penting dan mulailah untuk lebih memanfaatkan uang dengan baik.

Itulah 8 tips ampuh untuk menghilangkan kebiasaan konsumtif yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *