tips menabung sejak dini

7 Tips Sukses Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Gaya Hidup

Tips menabung sejak dini – Setiap orang tua selalu mengingatkan dan mengajak anaknya untuk menabung sejak dini. Kenapa harus menabung sejak dini?

Menabung sejak dini memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kedisiplinan sampai belajar mengatur keuangan.

Namun, untuk anak – anak, menabung mungkin bukanlah hal yang mudah, karena munculnya keinginan untuk menggunakan uang yang dimiliki. Lalu, bagaimana cara agar bisa sukses mengajarkan anak menabung sejak dini?

Ikuti tips berikut ini.

 Tips Menabung Sejak Dini

#1 Berikan Pemahaman Tentang Uang

Baca Juga : 10 Tips Manjur Menghemat Uang Untuk Milenial

Sebelum mengajak anak untuk menabung, lebih baik anda berikan pemahaman tentang uang terlebih dahulu. Tanpa adanya pemahaman tentang uang, maka mengajak anak untuk menabung akan menjadi hal yang cukup sulit.

Jelaskan apa saja manfaat, kegunaan, dan bagaimana cara memanfaatkan uang dengan baik. Penting juga untuk memberitahukan bagaimana mengelola uang dengan baik dan apa yang terjadi jika tidak dapat mengelola uang dengan tepat.

#2 Berikan Penjelasan Tentang Manfaat Menabung

Selalu berikan pemahaman mengapa menabung sejak dini itu penting. Dan apa saja manfaat yang akan diperoleh dengan menabung.

Dengan memiliki bekal pegetahuan mengenai uang dan manfaat menabung, maka mengajak anak untuk membiasakan diri menabung tidaklah sulit. Hal ini juga bertujuan untuk menarik minat anak untuk mulai membiasakan menabung.

Anda bisa memulai dengan mengajaknya menabung dengan alasan jika menabung ia dapat membeli barang kesukaannya. Jelaskan bahwa dengan menabung ia dapat mewujudkan keinginannya.

Berawal dari sini, anak akan mulai terbiasa untuk menabung. Setelah itu, barulah anda bisa memberikan pengarahan lainnya agar tabungannya lebih bermanfaat.

Jika ia sudah memiliki minat dan semangat untuk menabung, tanpa disuruh pun ia akan menabung. Namun, tetap saja, bimbingan dari orang tua adalah hal yang penting.

#3 Beri Jatah Uang Saku

Baca Juga : 8 Tips Ampuh Untuk Hilangkan Kebiasaan Konsumtif Anda

Mulailah untuk memberikan jatah uang saku, dengan begitu ia akan belajar untuk mengatur keuangannya. Ia juga bisa belajar untuk membeli barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Jangan lupa mengingatkan anak agar menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung. Jumlah yang ditabung tidak perlu terlalu banyak, yang terpenting sesuai dengan kemampuan.

#4 Mulai Dengan Menabung di Celengan

Menabung di celengan merupakan tahap awal untuk membiasakan diri menabung. Anda bisa menghadiahkan celengan dengan bentuk yang lucu dan disukai anak agar ia semakin tertarik untuk menabung.

#5 Berikan Contoh

Baca Juga : Tips Hidup Hemat Untuk Anak Kost

Anak – anak biasanya cenderung suka meniru orang lain. Jadi, sebelum mengajarkan untuk menabung, anda bisa sering mengajaknya ke bank sambil memberikan pemahaman.

#6 Ajarkan Untuk Menabung di Bank

Setelah terbiasa untuk menabung di celengan, mulailah mengajarkan anak menabung di bank. Buatkan rekeningnya sendiri, misalnya menggunakan tabungan simpanan pelajar.

Ajarkan bagaimana cara menabung di bank, dan biarkan anak menyetorkan tabungannya sendiri. Hal ini bisa meningkatkan rasa tanggung jawab dan kemandirian pada anak.

#7 Berikan Hadiah

Anak – anak pasti akan merasa senang jika mendapatkan hadiah atau dibelikan barang baru. Terutama jika barang tersebut memang kesukaannya.

Jadi, cobalah untuk memberikan hadiah saat anak berhasil menabung mencapai jumlah tertentu. Cara ini bisa membantu untuk meningkatkan semangat anak dalam menabung.

Sehingga, otomatis anak akan menjadi lebih rajin menabung.

 

Menabung sejak dini memang memiliki banyak manfaat dan sangat berguna untuk masa depan. Terutama jika memiliki sebuah impian, maka tabungan dapat digunakan untuk membantu mewujudkan impian tersebut.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengajak si kecil membiasakan diri menabung sejak dini. Selalu berikan motivasi agar ia semakin semangat untuk menabung.

Itulah 7 tips sukses ajarkan anak menabung sejak dini yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *