Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi Saham!

  • by

Berinvestasi Saham – Berinvestasi adalah subjek yang kompleks, dan memahaminya membutuhkan waktu dan pengalaman. Kalian bisa memulai dengan meningkatkan ┬ádiri dengan mempelajari beberapa hal penting yang harus diketahui setiap investor baru.

Lakukan investasi berisiko rendah dan investasikan setidaknya sedikit lebih banyak bulan demi bulan. Namun, sebelum berinvestasi lebih baik memastikan beberapa hal berikut ini.

#1 Menemukan Broker yang Tepat

Untuk Investasi Saham, kalian membutuhkan broker. Broker sangat beragam jadi sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Berikut adalah beberapa detail yang perlu diperhatikan saat memilih broker:

1. Biaya. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perdagangan? Apakah kalian perlu menjaga saldo minimum untuk menghindari biaya tahunan?
2. Minimum akun. Berapa jumlah minimum yang dibutuhkan untuk memulai akun?
3. Riset. Jenis informasi apa yang akan kalian dapatkan melalui broker?

Coba mulailah dengan broker saham online terlebih dahulu untuk pemula. Karena mereka merupakan broker berkualitas tinggi dengan platform yang tidak memiliki terlalu banyak kurva pembelajaran.

#2 Reksa Dana

Kalian perlu melakukan investasi yang cerdas dan berisiko rendah. Untuk mengetahui investasi yang dilakukan bisa memasukkan dana indeks. Saat berinvestasi dalam reksa dana, kalian berinvestasi di semua saham dalam indeks itu.

Sederhananya, bisa berinvestasi dalam banyak pilihan saham, yang mengurangi risiko. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk melakukan diversifikasi meskipun kalian tidak memiliki banyak uang untuk diinvestasikan.

Memang reksa dana bukan investasi yang menarik, tapi ini lebih aman untuk investor baru dibandingkan memilih saham secara individual.

#3 Bersikap Skeptis

Pengetahuan seputar investasi bisa ditemukan dimana saja, seperti buku, blog, bahkan teman. Dekati segala sesuatu dengan dosis skeptisisme yang sehat, terutama jika tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Jangan pernah berpikir agar cepat kaya melalui investasi atau menemukan beberapa sistem yang membantu memprediksi kapan saham naik dan turun. Investasi yang buruk tidak hanya menghabiskan uang, tetapi juga hanya akan membuang waktu.

#4 Menekan Biaya

Pada saat melakukan investasi saham yang membuat frustasi adalah ketika melihat nilai investasi meningkat, hanya untuk menyadari bahwa berkat biaya perdagangan, kalain masih belum menghasilkan banyak uang darinya.

Untuk memaksimalkan penghasilan dengan meminimalkan biaya yang dibayarkan. Inilah alasannya kenapa kalian harus mencari broker tanpa biaya tahunan dan biaya perdagangan yang wajar.

Biaya perdagangan juga menjadi alasan mengapa kalian harus menghindari perdagangan harian, terutama sebagai investor baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *