jenis jenis saham

Jenis Jenis Saham Berikut Wajib Diketahui Oleh Investor Pemula

Investasi

Jenis jenis saham – Saham sudah tidak asing terdengar di telinga setiap orang, walaupun masih banyak orang yang belum memahami makna sebenarnya. Saham sendiri adalah bukti penyertaan modal dalam suatu perusahaan.

Jika telah memiliki saham, maka anda bisa juga disebut owner atau pemilik perusahaan meskipun mungkin hanya 0,00001%. Sebenarnya saham tidak berwujud benda, melainkan bebentuk selembar kertas yangmenerangkan bahwa pemilik kertas tersebut juga pemilik perusahaan, saham juga memiliki peran seperti peran perjanjiaan.

Bagi anda yang merupakan investor pemula wajib tau bahwa ini memiliki tingkat resiko yang tinggi akan tetapi juga memiliki keuntungan yang tinggi pula. Nah dengan begitu anda memiliki kewajiban untuk pandai memilih jenis saham karena setiap saham memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda.

Penasaran apa saja jenis jenis saham? Yuk simak artikel berikut.

Jenis jenis saham

#1 Saham biasa

Saham biasa atau yang sering disebut ( common stock ), ini merupakan saham yang berdasarkan hak tagihan. Saham ini bisa melakukan klaim kepemilikan di semua penghasilan dan aset perusahaan merupakan kelebihan dari saham ini.

Pemilik saham ini memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan tetap dari perusahaan. Selain itu ketika perusahaan mengalami kebangkrutan maka kerugian maksimum yang harus anda tanggung adalah sebesar investasi saham tersebut.

#2 Saham preferen

Saham preferen atau yang sering disebut ( preferred stocks), merupakan saham yang juga berdasarkan hak tagihan atau klaim. Jika dilihat secara sekilas saham preferen merupakan gabungan antara obligasi dan saham biasa.

Saham ini memiliki pendapatan yang tetap seperti bunga obligasi, namun juga bisa sama sekali tidak mendatangkan hasil. Selain itu persamaan lain nya dengan obligasi yaitu pemegang saham dapat mengklaim laba dan aktiva perusahaan bahkan nilai deviden nya tetap.

Kelebihan lain nya dari sama ini yaitu memiliki hak tebus dan dapat ditukarkan dengan saham biasa. Banyak kelebihan yang bisa di peroleh dari saham ini sehingga banyak diminati oleh para investor.

#3 Saham atas unjuk

Saham atas unjuk atau sering disebut (Bearer stocks), merupakan saham berdasarkan cara peralihannya. Saham atas unjuk adalah saham yang tidak memiliki nama pemilik saham dalam sertifikatnya, hal ini tentu saja akan membuat saham ini mudah untuk di alihkan.

Secara hukum siapa yang dapat menunjukkan saham tersebut maka secara otomatis ia adalah pemiliknya dan memiliki hak untuk hadir maupun mengeluarkan suara nya dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Karena sifat saham ini yang sangat mirip dengan uang maka, sertifikat saham ini dibuat dengan kualitas yang bagus hal ini bertujuan untuk menghindari pemalsuaan. Pemilik sertifikat ini harus selalu berhati hati dalam menyimpan nya karena ketika sertifikat ini hilang maka pemilik saham tidak dapat meminta duplikat penggantinya.

#4 Saham atas nama

Saham atas nama atau (Regisetered stocks), merupakan jenis saham berdasarkan cara peralihan nya. Kebalikan dari saham atas unjuk, saham ini memiliki nama pemilik saham yang jelas di dalam sertifikatnya.

Hal ini tentu saja akan membuat cara peralihan nya sangat rumit yang harus melalui beberapa prosedur tertentu. Namun kelebihan dari saham ini yaitu, ketika sertifikat saham ini hilang maka pemilik saham akan dengan mudah meminta duplikat penggantinya karena, pemilik saham sudah tertulis namanya di dalam buku perusahaan.

#5 Saham blue chip

Saham ini merupakan jenis saham berdasarkan kinerja perdagangan. Saham ini banyak diburu oleh para investor karena berasal dari perusahaan yang mempunyai reputasi tinggi.

Saham ini memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen.

#6 Income Stocks

Saham ini merupakan jenis saham berdasarkan kinerja perdagangan. Saham ini memiliki kelebihan yaitu kemampuan nya dalam membayar dividen lebih tinggi dari rata rata dividen yan dibayarkan dalam tahun sebelum nya.

Kemampuan menciptakan pendapatan yang lebih tinggi dan secara teratur membagikan dividen tunai menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor.

Nah itulah beberapa jenis jenis saham yang wajib diketahui para investor agar lebih mengetahui resiko dan kelebihan dalam saham tertentu. Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *