Kalah Saing sama Produk Asing? Berikut Ini Tipsnya!

Bisnis

Produk Asing- Tentu saja, saat menjalankan bisnis pasti akan menemui persaingan. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Banyak sekali strategi yang perlu disiapkan agar bisnis tersebut berjalan dengan maksimal meskipun harus menghadapi persaingan ketat.

Yang menjadi tantangan pembisnis menjual produk dalam negeri adalah produk asing yang memiliki harga dan kualitas lebih baik. Jika tidak hati-hati maka akan menghancurkan bisnis lokal dengan segmen yang sama.

Untuk mengsiasati kondisi ini, baiknya pembisnis menghindari persaingan secara langsung. Sebagai pembisnis, harus bisa mencari konsumen yang spesifik dan tidak dijangkau oleh produk dari luar. Sebab, produsen asing pasti akan memproduksi massal untuk pasar besar.

Berikut ini adalah alasan mengapa konsumen lebih memilih produk luar negeri dibandingkan dangan produk dalam negeri.  Simak penjelasannya!

#1 Kualitas Rendah

Konsumen Indonesia tidak memilih produk lokal ,sebab produk lokal memiliki kualitas rendah yang tak sebanding dengan harganya. Sedangkan produk luar memiliki kualitas yang baik dan harganyapun sebanding dengan kualitasnya.

#2 Kemasan Kurang Menarik

Kemasan menjadi hal terpenting untuk menarik daya beli konsumen. Biasanya produk luar negeri mengemas produknya dengan manis. Tentunya memerlukan biaya besar untuk mengemas produknya dengan baik. Tapi, ini sebanding dengan harga jual produknya.

Sedangkan produk lokal biasanya tidak terlalu mementingkan kemasan produk yang manis dengan alasan  untuk menekan harga produknya agar tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk luar.

#3 Minim Inovasi Produk

Produk luar negeri biasanya akan memberikan inovasi baru untuk menarik pelanggannya sedangkan bisnis lokal biasanya akan meniru inovasi dari produk luar, biasanya produk yang berhubungan dengan fashion. Inilah yang membuat konsumen Indonesia lebih memilih produk luar negeri.

#4 Lokasi Kurang Memadai

Produk luar negeri biasanya dikemas khusus untuk dijual di gerai-gerai tertentu dan biasanya lokasinya pun strategis. Produk luar akan menjamin kualitasnya dibanding produk yang dijual selain di gerai mereka sehingga konsumen pun akan lebih senang membeli langsung dari gerainya.

Itulah beberapa alasan yang membuat masyarakat Indonesia lebih memilih produk luar negeri dibanding lokal. Jadi, lakukanlah sesuatu strategi yang bisa membuat produk lokalmu terjual laris. Terus semangat dalam melakukan bisnis, karena masih ada kesempatan untuk menuju kesuksesan. Jangan mudah menyerah dan terusla berjuang mempertahankan serta memajukan bisnismu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *