analisis swot adalah 3

Pengertian Analisis SWOT, Manfaat, Tujuan dan Cara Membuatnya

Panduan

Analisis SWOT adalah salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor eksternal dan faktor internal.

SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strenghts, Weakness, Opportunity, and Threaths. Analisis SWOT sangat penting untuk dilakukan oleh para pengusaha atau manajer sebuah perusahaan sebelum memulai aktivitas bisnisnya.

Para ahli memberikan pengertian yang sedikit berbeda tentang pengertian analisis SWOT, akan tetapi jika dicermati dengan seksama pengertian pengertian tersebut memiliki kesimpulan yang sama. Berikut ini adalah pengertian analisis SWOT dari beberapa ahli.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contoh SOP

Pengertian Analisis SWOT Menurut Ahli

analisis swot adalah 1

#1. Menurut Freddy Rangkuti (2013)

Analisis SWOT adalah Analisa yang didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats).

#2. Menurut Philip Kotler (2009)

Analisis SWOT adalah evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

#3. Menurut Irham fahmi (2015)

Analisis SWOT adalah akronim dari strengths (kekuatan), weaknesses(kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman), dimana SWOT dijadikan sebagai suatu model dalam menganalisis suatu organisasi yang berorientasi pada profit dan non profit dengan tujuan utama untuk mengetahui keadaan organisasi tersebut secara lebih komprehensif.

Manfaat Analisis SWOT

Secara garis besar analisis SWOT memiliki manfaat sebagai bahan evaluasi perjalanan bisnis kedepan. Dengan adanya analisis SWOT semua stakeholder yang terlibat dalam bisnis tersebut dapat memiliki gambaran utuh tentang lika liku bisnis yang akan dijalankan.

Berikut ini adalah point penting tentang manfaat analisis SWOT bagi perusahaan.

  1. Analisis SWOT mampu memberikan gambaran utuh terhadap suatu organisasi atau perusahaan ditinjau dari empat sudut dimensi, yaitu strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Sehingga dengan gambaran tersebut  pengambil keputusan dapat melihat dari empat dimensi ini secara lebih aktual dan komprehensif.
  2. Analisis SWOT bisa dijadikan rujukan untuk membuat planning yang berkaitan dengan keputusan jangka panjang.
  3. Analisis SWOT dapat membantu memberikan pemahaman secara rinci kepada para stakeholders yang ingin melakukan kerjasama dengan perusahaan untuk meraih keuntungan bersama.
  4. Analisis SWOT bisa dijadikan sebagai instrumen penilaian yang dilakukan secara berkala untuk melihat setiap progress dari setiap keputusan yang telah dilakukan.

Tujuan Analisis SWOT

Melakukan analisis SWOT  pada perusahaan memiliki tujuan menjadikan perusahaan lebih fokus dalam aktivitas bisnisnya. Karena analisis SWOT yang sudah dibuat dan dilakukan dapat menjadi perbandingan pemikiran aktivitas bisnis dari berbagai macam sudut pandang. Baik dari sisi kekuatan bisnis beserta kelemahan yang dimiliki dan juga dari sisi peluang bisnis beserta ancaman terhadap bisnis.

Tujuan lain dari dilakukannya analisis SWOT adalah sebagai evaluasi ulang terhadap produk bisnis yang ditawarkan ketika mengalami daur hidup produk (life cycle product). Sehingga produk bisnis yang ditawarkan tetap memiliki strategi pemasaran yang tepat.

Cara Melakukan Analisis SWOT

analisis swot adalah 2

Sebelum memulai melakukan analisis SWOT pemahaman mendalam tentang komponen SWOT sendiri harus sudah dimiliki. Secara garis besar komponen analisis SWOT terbagi menjadi dua kategori yaitu:

#1 Faktor Internal

Faktor Internal dari analisis SWOT adalah :

Strength (Kelebihan)

Strength erat kaitannya dengan kondisi serta situasi berupa kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan dan bisa membawa dampak positif di masa yang akan datang. Analisa berupa Strength ini bisa didapatkan dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apa kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan anda?
  • Apa yang membuat perusahaan anda lebih baik dari perusahaan lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki perusahaan anda dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain?
  • Apa yang akan membuat konsumen membeli produk dari perusahaan anda?
  • Kelebihan apa yang bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh konsumen anda?

Weakness (Kelemahan)

Weakness adalah kondisi dan situasi berupa kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan serta dapat memberikan dampak negatif di masa yang akan datang. Analisa berupa Weakness ini bisa anda lakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini :

  • Faktor apa yang bisa ditingkatkan dalam sebuah perusahaan anda?
  • Faktor yang harus dihindari oleh perusahaan anda?
  • Apa saja yang bisa dilakukan oleh perusahaan lain sehingga perusahaan tersebut lebih baik dari perusahaan anda?
  • Apa yang bisa dilihat dan dirasakan oleh konsumen sebagai kelemahan perusahaan anda?
  • Apa yang akan membuat konsumen tidak mau membeli produk dari perusahaan anda?

#2 Faktor Eksternal

Opportunities (Peluang)

Faktor eksternal dari analisis SWOT adalah :

Opportunities berkaitan dengan peluang atau kesempatan yang ada diluar kendali perusahaan dimana peluang tersebut dapat memberikan perusahaan menjadi lebih baik di masa mendatang. Analisa berupa Opportunities ini bisa anda lakukan dengan menjawab pertanyan berikut ini :

  1. Kesempatan seperti apa yang dapat menjadikan perusahaan lebih baik di masa mendatang?
  2. Perkembangan tentang apa yang sejalan dengan perusahaan anda di masa mendatang?

Threats (Ancaman)

Threats adalah situasi dan kondisi berupa ancaman yang harus dihadapi oleh perusahaan dan bisa menghambat perkembangan perusahaan di masa mendatang. Analisa berupa Threats ini bisa anda lakukan dengan menjawab pertanyaan berikut ini :

  1. Apa hambatan yang sedang dihadapi oleh perusahaan saat ini?
  2. Apa saja yang dilakukan oleh perusahaan saingan anda yang dapat menghambat perkembangan perusahaan anda?
  3. Ancaman apa yang akan disebabkan ole perkembangan teknologi saat ini?
  4. Apakah ada regulasi yang akan mengancam perkembangan perusahaan di masa mendatang?

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Pengembang Aplikasi Android

Saat ini banyak sekali pengembang aplikasi android yang mendirikan startup serta mengembangkan sebuah aplikasi versi android. Berikut ini adalah contoh analisis SWOT dari perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi android untuk menemukan toko kelontong terdekat.

Strenghts (Kelebihan)

  • Aplikasi android yang dikembangkan dapat berjalan dengan mode offline dan online.
  • memiliki banyak database toko kelontong diseluruh indonesia.
  • Tampilan UI/UX sangat user friendly cocok digunakan oleh siapa saja baik tua atau muda.
  • Jumlah download di google playstore sangat banyak.
  • Proses pencarian toko kelontong sangat mudah.

Weakness (Kelemahan)

  • Tidak kompatibel disemua versi android
  • Belum bisa menambahkan database toko kelontong secara mandiri
  • Masih ada bugs yang sering menyebabkan force close
  • Upgrade untuk versi terbaru masih lambat
  • Konsumsi memory saat aplikasi dijalankan masih tinggi menyebabkan sistem android bekerja lebih berat

Opportunnity (Peluang)

  • Pengguna smartphone dengan sistem android merupakan terbanyak didunia jika dibandingkan dengan pengguna smartphone dengan sistem operasi lain
  • Sistem android yang opensource memudahkan pengembangkan aplikasi ke versi yang lebih baru
  • Pengembang palikasi android lebih banyak daripada pengembang aplikasi dengna platform lain
  • Proses update aplikasi ke versi terbaru mudah dilakukan di playstore
  • Aplikasi yang dibangun merupakan aplikasi gratis sehingga memungkinkan untuk memperbanyak pengguna

Threats (Ancaman)

  • Banyak pengembang lain yang juga mengembangkan aplikasi serupa dengan fitur berbeda
  • Komentar buruk dan rating rendah dari pengguna aplikasi dapat mempengaruhi calon pengguna baru
  • Versi android terbaru terkadang tidak kompatibel dengan fungsi di dalam aplikasi sehingga membutuhkan update segera

Strategi

  • Update aplikasi baik disisi coding dan UI/UX di jadwalkan secara rutin untuk mengantisipasi adanya bug dan membuat aplikasi semakin mudah digunakan oleh pengguna
  • Membuat inovasi fitur-fitur baru yang belum digunakan oleh pesaing agar jumlah pengguna aplikasi terus bertambah.
  • Database toko kelontong perlu untuk diupdate secara terjadwal atau segera untuk membuat fitur penambahan toko kelontong sendiri oleh pengguna aplikasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *