5 Tips Sukses Memilih Universitas Impian

Pengembangan Diri

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk masuk di universitas terbaik. Akan tetapi untuk masuk ke universitas perlu rencana yang matang selain itu banyak hal yang perlu anda pertimbangkan.

Persiapan merupakan hal yang sangat penting untuk melakukan suatu hal, terlebih lagi untuk memilih universitas atau jurusan. Saat anda telah memilih sebuah universitas disanalah masa depan akan terlihat karena pilihan yang anda pilih tentunya nanti akan berpengaruh di kemudian hari.

Nah! Agar anda tidak menyesal di kemudian hari, yuk baca dan simak 5 tips sukses memilih universitas terbaik sebelum anda memilih universitas!

Tips sukses memilih universitas

#1 Sesuaikan dengan kemampuan diri anda

Saat akan memilih sebuah universitas alangkah baiknya sesuaikan dengan kemampuan diri anda. Jangan memilih sebuah universitas karena faktor ikut ikutan teman atau karena pilihan orang tua.

Karena kemampuan hanya anda yang mengetahui nya bukan orang lain ketika pilihan tidak sesuai dengan passion, tentunya anda akan mengalami kesulitan. Selain itu suatu pilihan itu akan berpengaruh besar terhadap masa  depan anda yang akan mendatang.

#2 Perhatikan prospek alumni universitas

Nah walaupun embel embel universitas negeri menjanjikan anda di terima dengan mudah di industri kerja. Namun anda juga harus memperhatikan prospek lulusan alumni tersebut, berapa persen yang langsung terjun ke dunia kerja.

Karena ketika lulusan dari universitas tersebut banyak yang berprestasi dan banyak diterima di dunia kerja, maka dapat dipastikan universitas tersebut memiliki kualitas yang baik.

#3 Perhatikan akreditasi jurusan

Selain harus memperhatikan prospek alumni universitas anda juga wajib memperhatikan akreditasi jurusan. Akreditasi nantinya akan menjadi penilaian bagus atau tidak nya prodi tersebut.

Akreditasi jurusan akan memiliki pengaruh yang sangat besar ketika anda ingin mencari pekerjaan. Selain itu ada beberapa jurusan yang mengharuskan ketika ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi akreditasi jurusan harus bagus.

Hal yang merugikan nya lagi ketika jurusan tidak terakreditasi anda tentunya tidak akan menerima ijazah resmi.

#4 Utamakan lokasi universitas pilihan anda

Lokasi adalah hal yang sangat penting ketika anda akan memilih universitas, karena lokasi akan mempengaruhi kenyamanan dan biaya hidup selama berkuliah. Akan tetapi jauh atau dekatnya lokasi universitas dari tempat tinggal memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing

Lokasi yang dekat tentunya akan menghemat budget anda, selain itu anda akan sangat terbantu ketika memiliki kesulitan karena anda dekat dengan keluarga. Namun lokasi yang jauh tentunya akan membuat anda lebih mandiri dan lebih matang saat menghadapi kehidupan yang sebenarnya namun akan membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Pemilihan lokasi universitas itu tergantung dengan kemampuan dan keinginan anda, jadi jangan sampai anda memilih universitas karena terpengaruh oleh orang lain.

#5 Perhatikan biaya kuliah terlebih dahulu saat memilih universitas

Saat anda memiliki biaya minim, sebaiknya jangan memilih universitas swasta karena akan membutuhkan budget yang cukup banyak. Pilihlah universitas negeri, meskipun anda harus mengeluarkan uang tiap semesternya namun budget yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Jangan sampai impian tidak terwujud hanya karena anda memiliki biaya yang minim dan salah memilih universitas.

Itulah beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum anda memilih universitas. Jangan sampai karna kesalahan kecil yang di sebabkan kurang nya persiapan, impian kamu tidak terwujud.

Cukup banyak bukan hal hal yang harus di pertimbangkan ketika memilih sebuah universitas. Nah itulah beberapa tips sukses memilih universitas dari kami semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi anda, terimakasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *