7 Hal Penting Dalam Mempersiapkan Kuliah di Luar Negeri

Pengembangan Diri

Berkuliah di luar negeri merupakan impian oleh setiap orang ,banyak manfaat yang diperoleh dengan berkuliah di luar negeri. Namun di balik banyaknya manfaat yang bisa diperoleh ketika kuliah di luar negeri, anda akan di hadapkan oleh beberapa rintangan yang harus di lalui.

Mulai dari proses belajar, biaya hidup, lingkungan dan budaya, semua itu sering sekali menjadi masalah yang di alami oleh para mahasiswa yang berkuliah di luar negeri. Penasaran apa saja hal penting yang harus di persiapkan ketika berkuliah di luar negeri? Yuk simak artikel berikut ini

Hal yang harus dipersiapkan ketika berkuliah di luar negeri

#1 Menemukan alasan yang kuat untuk berkuliah di luar negeri

Saat anda memiliki keinginan untuk berkuliah di luar negeri, pikirkanlah terlebih dahulu secara sangat matang apa alasan yang mendasari untuk berkuliah di luar negeri. Jangan karena faktor ikut-ikutan yang nantinya akan membuat anda menyesal di kemudian hari.

Sebisa mungkin temukanlah alasan yang sangat kuat mengapa anda memiliki keputusan untuk berkuliah di luar negeri. Karena berkuliah di luar negeri tidak semudah yang dibayangkan.

#2 Buat rencana kuliah di luar negeri

Ketika anda telah menemukan alasan yang kuat, langkah selanjutnya yang harus disiapkan yaitu dengan membuat rencana. Membuat rencana merupakan hal yang sangat penting agar nantinya anda siap saat menjalani dunia perkuliahan di luar negeri.

Membuat rencana untuk berkuliah di luar negeri harus di dasari oleh keinginan sendiri supaya impian terlaksana dengan sangat baik.  Rencana awal yang perlu dilakukan adalah menentukan negara tujuan, agar nantinya anda bisa mempelajari bahasa di negara itu dari jauh jauh hari.

Selain menentukan tujuan negara, anda juga harus memiliki rencana universitas mana yang akan dipilih, bahkan beserta dengan jurusan nya. Hal ini sangat wajib dilakukan agar nantinya anda memiliki gambaran yang sangat jelas tentang rencana studi anda.

#3 Siapkan dokumen penting yang diperlukan

Setelah menemukan dimana tujuan anda akan berkuliah selanjutnya, persiapkan lah dokumen penting yang diperlukan dari jauh jauh hari agar semua terlaksana dengan lancar. Anda bisa membuka website resmi universitas tersebut dan pelajari dokumen apa saja yang di perlukan sebelum berangkat ke universitas tersebut.

Selain itu jangan lupa juga mempersiapkan dokumen penting lain nya seperti dokumen perjalanan antar negara yang berupa visa atau paspor. Hal ini bertujuan agar ketika hari keberangkatan tiba anda akan tenang karena semua sudah dipersiapkan dengan baik.

#4 Siapkan biaya hidup selama di luar negeri

Biaya adalah hal yang terpenting untuk menunjang kebutuhan sehari hari anda terlebih lagi ketika anda memilih berkuliah di luar negeri. Karena faktanya biaya hidup di luar negeri tidaklah murah anda harus mempersiapkan biaya hidup yang matang sebelum hari keberangkatan.

Anda bisa menyiapkan biaya hidup dari jauh jauh hari misalnya dengan menabung ataupun berinvestasi. Selain itu untuk menambah pemasukan selama di luar negeri anda bisa bekerja paruh waktu, hal ini bertujuan agar meringankan beban orang tua.

#5 Mengikuti kursus bahasa

Bahasa juga hal yang sangat penting untuk di persiapkan dari jauh jauh hari. Tentunya anda tidak mau ketinggalan pelajaran dan mendapatkan nilai jelek hanya karna terhalang minim nya pengetahuan bahasa yang diketahui.

Maka sebelum anda berkuliah di luar negeri persiapkanlah bahasa yang lancar sesuai negara yang dituju, misalnya dengan mengikuti kursus. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda dalam bersosialisasi ataupun dalam kuliah.

#6 Siapkan mental untuk beradaptasi

Anda juga perlu menyiapkan mental untuk beradaptasi, karena lingkungan dan budaya di luar negeri sangatlah berbeda dengan indonesia.  Pelajarilah terlebih dahulu adat dan budaya negara yang di tuju, hal ini bertujuan agar nantinya anda akan sangat mudah dalam beradaptasi.

#7 Bangun koneksi

Mendapatkan teman yang sepikiran dengan anda itu tidaklah mudah, terlebih lagi jika berada di luar negeri. Hal ini karena masyarakat di luar negeri sudah terkenal dengan sifatnya yang individualisme.

Bangunlah koneksi yang baik dengan orang indonesia yang juga berkuliah di universitas yang sama dengan anda. Hal ini bertujuan agar anda sekedar memiliki teman mengobrol ataupun betukar pikiran sebelum kuliah dimulai.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum berkuliah di luar negeri. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *