Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain Membuat Hidup Lebih Bermakna

Pengembangan Diri

Kehidupan di dunia ini menuntut manusia untuk hidup secara sosial dan berdampingan dengan manusia yang lain. Maka sangat tepat sekali jika sikap dalam kehidupan bersosial perlu mendapat perhatian serius agar terjalin kerukunan dan perasaan saling mencintai antar sesama manusia.

Bagi umat muslim memiliki perilaku atau sikap yang baik kepada orang lain merupakan kewajiban, sebab sejatinya kebaikan yang telah dilakukan sebenarnya merupakan kebaikan kepada diri pribadinya sendiri. Allah SWT berfirman :

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.” (QS. AL-ISRA’: 7).

Bahkan, jika di dalam kehidupan sosial umat muslim mampu menjadi pribadi yang bermanfaat bagi yang lainnya akan mendapatkan predikat sebagai “sebaik-baiknya manusia”.

Rasulullah SAW bersabda :

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni.)

Oleh karena itu sudah selayaknya jika dalam kehidupan sosial sehari-hari, pribadi kita masing-masing saling berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dan menjadi bermanfaat bagi orang lain.

Selain itu, dengan menjadikan hidup ini menjadi bermanfaat bagi orang lain kehidupan yang sedang kita jalani ini menjadi lebih bermakna. Dimana hal tersebut akan membawa dampak positif bagi kehidupan diri pribadi.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Adhiwena WW, CEO Modalbisnis.id sekaligus Sekjen komunitas Tangan Di Atas (TDA) pada akun sosial medianya.

“Hiduplah dengan bermanfaat bagi orang lain maka kehidupanmu akan penuh makna” Ungkapnya.

Jadi, menjadikan hidup bermanfaat bagi orang lain memegang peranan penting bagi kebaikan diri kita sendiri. Siapa saja yang menginginkan kebaikan-kebaikan selalu mengalir dalam kehidupannya, maka bersegeralah menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain.

Segera Take Action sekarang juga menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, jangan lupa terus berdoa, luruskan niat dan ikhlaskan hanya untuk mendapatkan ridho Allah SWT agar semua yang kita lakukan menjadi lebih mantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *