biografi nadiem makarim

Biografi Nadiem Makarim-Pendiri Gojek di Indonesia

Sosok

Biografi Nadiem Makarim

Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. lahir di Singapura, 4 Juli 1984 adalah seseorang pengusaha Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin yang dilantik pada 23 Oktober 2019.

 

Ia memiliki ayah bernama Nono Anwar Makarim yang berasal dari Pekalongan yang berprofesi sebagai pengacara dan ibu bernama Atika Algadrie dari Pasuruan yang bekerja di bidang non-profit. Nadiem Makarim memiliki dua saudara perempuan.

Istri Nadiem Makarim bernama Franka Franklin, mereka menikah pada tahun 2014 yang lalu. Dari pernikahannya ini, Nadiem makarim mempunyai anak bernama Solara Franklin Makarim.

Nadiem sendiri diketahui pernah bekerja di Mckinsey & Company di Jakarta dan menghabiskan masa selama 3 tahun bekerja di sana. Diketahui juga ia pernah bekerja sebagai Co-Founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia lalu menjadi Chief Innovation Officer Kartuku. Dengan banyaknya pengalaman selama ia bekerja, Nadiem Makarim lalu memberanikan diri untuk berhenti dari tempat ia bekerja dan mendirikan sebuah perusahaan GO-JEK di tahun 2011.

Alasannya mendirikan bisnis sendiri karena beliau tidak betah bekerja di perusahaan orang lain , beliau ingin mengontrol takdirnya sendiri, dengan alasan itulah yang membuat Nadiem Makarim mencoba merintis perusahaan sendiri yang kemudian dikenal dengan nama GO-JEK berbekal pengalaman kerja serta memiliki jiwa enterpreneurship.

Awal Mula Pendirian Gojek

 

Nadiem mendirikan Gojek pada 2010 dan kini Gojek sudah menjadi salah satu dari 19 decacorn di dunia, dengan valuasi Gojek mencapai USD 10 miliar.

Gojek pertama kali berdiri sebagai call centre, menawarkan hanya pengiriman barang dan layanan ride-hailing dengan sepeda motor.

Sekarang, Gojek telah bertransformasi menjadi super app, menyediakan lebih dari 20 layanan, mulai dari transportasi, pengantaran makanan, kebutuhan sehari-hari, pijat, bersih-bersih rumah, logistik hingga platform pembayaran digital yang dikenal dengan GoPay.

Nadiem Makarim secara live saat di Istana Negara menyampaikan kepada awak media, sudah tidak memiliki posisi apapun di Go-Jek.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang biografi Nadiem Makarim, pendiri dan pemilik GO-JEK. Semoga biografi Nadiem Makarim ini bermanfaat dan memotivasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *