Cara Membuat CV Kekinian yang Memikat Hati

Tips

Cara membuat CV kekinian- sangat penting untuk anda yang ingin melamar suatu pekerjaan. Jika anda ingin melamar pekerjaan, anda harus memiliki cv yang bagus dan tentunya menarik untuk dibaca.

Setiap anda ingin melamar kerja di suatu perusahaan, tentunya perusahaan akan melihat CV yang anda miliki terlebih dahulu. Hal itu tentunya akan menbuat suatu perusahaan lebih mudah untuk mengetahui kemampuan maupun keterampilan yang anda miliki.

CV berisikan sebuah lembaran tentang data diri anda untuk melamar suatu pekerjaan. Di dalam CV ini akan tertera kemampuan dan pengalaman kerja anda. Dalam hal ini tentu akan menjadi bahan acuan ketika anda sedang di wawancarai.

Tapi di masa sekarang ini banyak CV yang tidak dibaca oleh salah satu pegawai perusahaan dalam melamar kerja, karena CV yang diberi itu kurang menarik. Nah untuk itu sebaiknya anda membuat CV (Curriculum Vitae) semenarik mungkin agar pihak HRD tertarik dengan CV anda dan tentunya tergiur dengan CV yang anda buat.

Nah untuk anda yang belum mengetahui bagaimana sih pembuatan CV itu. Jangan khawatir ya disini saya akan memberitahu anda mengenai cara pembuatan CV yang menarik dan tentunya memikat HRD.

Cara Membuat CV kekinian yang Memikat Hati:

#1 Buatlah Penelitian Pekerjaan

Nah disini anda harus menentukan terlebih dahulu dimana perusahaan yang akan anda lamar. Setelah itu anda membuat CV (curiculum vitae) dan menentukan jenis pekerjaan yang akan anda lamar.

Jika anda ingin melamar pekerjaan pastikan jenis pekerjaan yang akan anda lamar sesuai dengan dasar kemampuan anda dan keinginan anda. Karena jika anda tidak memahami terhadap jenis pejerjaan yang akan anda lamar itu, kemungkinan besar harapan anda untuk bekerja di suatu perusahan itu tidak akan terwujud.

Jika anda sudah menemukan jenis pekerjaan yang akan anda lamar, carilah informasi yang sesuai dengan jenis pekerjan yang akan anda lamar. Kemudian catatlah hal yang sekiranya penting untuk anda.

Anda juga jangan lupa untuk mencari tahu apa visi misi pada jenis perusahaan yang akan anda lamar nanti. Dengan anda membuat penelitian pekerjaan, anda akan lebih mengetahui dan juga akan menentukan perusahaan yang baik untuh anda pilih.

#2 Pahami Maksud Dari Inti CV

Dalam membuat CV (curiculum vitae) pastikan anda sudah membuatnya secara teratur. Hal ini juga akan membantu pembaca CV anda tidak bingung dan pastinya akan jelas untuk membacanya.

Isi dalam CV tersebut meliputi sebagi berikut:

  • Data diri anda (nama lengakap, alamat, nomor telepone)
  • Jenjang pendidikan terkahir anda, jurusan, dan juga GPA (Grade Point Average)
  • Sedikit potret mengenai sikap dan karakter anda
  • Pengetahuan yang anda miliki
  • Pengalaman kerja yang sudah anda lakukan, baik itu berupa penghargaan ataupun semacam itu yang sudah anda dapatkan sebelumnya.
  • Pendidikan yang sudah anda ikuti selam 2-3 tahun terakhir
  • Informasi lainnya mengenai diri anda.

#3 Proses Penggarapan CV

Dalam membuat CV yang menarik yaitu dengan membuat suatu isi dan desain yang semenarik mungkin dan tentunya teratur. Buatlah suatu CV yang sederhana tetapi membuat si pembaca CV tertarik dengan CV anda.

Jangan lupa untuk memberi perpaduan warna yang cocok dan gunakanlah suatu logo ataupun karakter yang mudah untuk dibaca dan dipahami.

Berikut yang harus anda cantumkan dalam CV anda:

  1. Tulislah data diri anda (nama lengkap, alamat, nomor telepon)
  2. Jenjang pendidikan terkahir anda
  3. Beri sedikit gambaran terhadap sikap dan karakter anda tentunya singkat, padat, dan jelas.
  4. Paparkan keahlian dan kemampuan yang anda punya terutama yang berhubungan dengan pekerjaan anda
  5. Tulislah jika anda mempunyai pengalaman kerja ataupun penghargaan yang sudah anda miliki sebelumnya yang pernah anda raih. Ini akan membuat nilai tambah untuk diri anda.
  6. Tulislah pendidikan yang sudah anda ikuti sebelumnya
  7. Informasikan lainnya mengenai diri anda.

#4 Baca Kembali dengan Teliti dan Perbaiki Jika Ada Kesalahan

Baca kembali dan perbaiki jika terdapat kesalahan dalan Cv anda. Pastikan anda sudah menggunakan bahasa yang baku dan tentunya sudah teratur.

Itulah beberapa tips dari saya mengenai cara membuat CV kekinian yang memikat hati. Untuk anda nih yang belum mengetahui apa saja yang harus dituliskan dalam membuat CV, anda hanya perlu membaca lalu pahami isi yang sudah saya jelaskan.

Jika anda ingin CV anda menarik, lakukan ya tips dari saya. Selamat Mencoba untuk anda dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *