Cara Mudah Membuat Perencanaan Bisnis

Tips

Membuat perencaan bisnis Adalah Program yang dilakukan sebelum mendirikan suatu bisnis. Disuatu usaha atau bisnis memang sangat penting. Hal ini, merupakan tahap yang sangat serius didalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis.

Apa sih keuntungan membuat perencanaan bisnis? Hal ini akan mempermudah anda dalam mengembangkan ide bisnis, membantu membuat keputusan dan lain sebagainya.

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan? Untuk pemula, ada cara termudah untuk Membuat Perencanaan Bisnis . Yuk, simak artikel dibawah ini sampai selesai.

Membuat Perencanaan Bisnis Dengan Cara Termudah

#1 Buat Daftar Bisnis atau Usaha Secara Detail, singkat dan Jelas

Pertama-tama yang harus dilakukan dalam membuat perencanaan bisnis adalah menggambarkan usaha atau bisnis yang telah anda fikirkan sebagai usaha anda. Didalam menjalankan sebuah usaha pasti akan melewati hal sulit atau suatu masalah didalamnya.

Oleh sebab itu sebelum menjalankan usaha alangkah baiknya anda membuat catatan atau daftar untuk memudahkan anda dalam memasarkannya. Yang harus anda catat yaitu:

  1. Tentukan produk yang akan anda pasarkan
  2. Kapasitas usaha di saat ini dan saat yang akan datang
  3. Manfaat produk terhadap konsumen
  4. Tentukan tempat produksi dan tempat pemasarannya
  5. Kendala dan tantangan yang akan di hadapi

#2 Melakukan Pengamatan di Pasar

Sebelum membuat perencanaan bisnis tentang proses jual beli, anda harus mengetahui semua hal yang berkaitan dengan proses dagang. Karena, hal ini sangat berguna untuk mengetahui berapa banyak pembeli dan berapa banyak yang harus anda jual.

Hal yang harus anda amati adalah apa saja yang dibutuhkan konsumen pada saat ini dan saat yang akan datang. Bagaimana teknik pemasarannya, kepada siapa akan dipasarkan dan berapa besar modal yang telah anda keluarkan.

#3 Melakuan Pengamatan Terhadap Saingan

Selain melakukan pengamatan terhadap pasar. Anda juga perlu melakukan pengamatan terhadap saingan anda dipasar. Dengan cara mencatatnya.

Tentunya dipasar bukan hanya anda yang memasarkan produk atau jasa, melainkan pasti ada saingan. Pengamatan ini sangat penting untuk kondisi usaha anda. Karena, dengan adanya pengamatan anda akan mengetahui tiitk lemah dan titik kuat saingan anda.

Akan tetapi bagaimanapun kondisi yang sedang dialami oleh usaha anda dengan pesaing tetaplah jujur dan tetap bermain sehat. Karena untuk mengalahkan penyaing itu bisa dengan hal positif.

Misalnya , anda harus lebih kreatif lagi dalam berfikir, membuat produk yang unik dan sulit untuk ditiru orang lain.

#4 Membuat  Faktor Biaya Untuk Perencanaan Bisnis

Didalam menjalankannya  anda juga membutukan biaya atau modal.  Nah anda sebagai pengusaha wajib membuat laporan keungan yang berkaitan dengan modal atau biaya yang sudah anda pakai.

Akan tetapi, laporan keungan ini juga berfungsi untuk mengetahui berapa uang yang suda terpakai dan berapa laba yang sudah masuk. Hal ini, bisa anda akses setiap bulan. Ini juga harus dicatat dalam daftar membuat perencanaan bisnis.

 

Bagaimana anda sudah tahu tentang  keuntungan membuat perencanaan bisnis? Dan langkah yang harus anda lakukan dalam membuatnya? Jika sudah paham. Bagi pemula seperti anda alangkah baiknya mengikuti langkah yang sudah ditulis dalam artikel di atas. Karena, langkah ini sangat cepat menentukan keputusan dan sangat mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba! Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *