10 Tips Manjur Menghemat Uang Untuk Milenial

Gaya Hidup Tips

Hidup hemat sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Dengan menghemat uang, akan bermanfaat jika sewaktu – waktu ada pengeluaran mendadak dan mendesak.

Banyak orang yang ingin berhemat namun selalu gagal karena pengeluaran yang kurang bermanfaat. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini 10 tips menghemat uang yang bisa anda terapkan.

Tips Menghemat Uang

#1 Disiplinkan Diri

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjadi hemat adalah dengan mendisiplinkan diri. Tanpa pribadi yang disiplin menghemat uang akan menjadi hal yang sulit.

Cara termudah untuk mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan adalah dengan membiasakan diri menabung. Selain itu, kurangi pembelian barang – barang kurang bermanfaat yang disebabkan oleh faktor keinginan.

#2 Buka Rekening Khusus

Gunakan rekening khusus untuk menyimpan sebagian gaji atau pendapatan. Jika gaji atau penghasilan yang didapatkan naik, usahakan agar jumlah uang yang disetorkan juga lebih banyak.

Dengan adanya rekening khusus tersebut kegiatan menabung akan lebih fokus dan uang tabungan tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan lain.

#3 Buat Pembukuan

Usahakan juga untuk membuat jurnal pemasukan dan pengeluaran untuk membantu mendisiplinkan diri dan bertanggung jawab atas setiap barang yang dibeli. Karena, dengan membuat jurnal keuangan pribadi, anda bisa mengetahui barang apa saja yang sudah anda beli baik oleh faktor kebutuhan ataupun keinginan.

Setelah itu, anda bisa melakukan evaluasi terhadap pengeluaran yang kurang bermanfaat. Lalu, membuat perencanaan keuangan yang lebih baik dengan memperbaiki setiap kekurangan dari perencanaan keuangan sebelumnya.

#4 Cari Dukungan Orang Dekat

Dukungan dari teman atau keluarga akan menjadi hal penting dalam menghemat uang dan mengatur keuangan dengan baik. Karena, jika teman atau keluarga mendukung maka mereka akan memotivasi dan mungkin bisa membantu anda agar berhasil dalam berhemat.

#5 Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan kartu kredit, karena dapat mempermudah saat berbelanja tanpa harus membawa banyak uang. Namun, pemakaian kartu kredit yang tidak terkendali dapat menyebabkan hutang yang menumpuk dan membuat anda menjadi boros.

Jadi, akan lebih baik jika menggunakan uang tunai dalam melakukan pembayaran. Dengan begitu, anda akan terbebas dari dampak negatif penggunaan kartu kredit dan menjadi lebih hemat.

#6 Beli Barang Bekas

Membeli barang bekas tentu memiliki harga yang jauh lebih terjangkau daripada membeli barang baru. Namun, tidak semua barang bekas tidak berkualitas, semua tergantung dengan ketelitian pembeli dalam memilih barang.

Dengan begitu, anda dapat menghemat lebih banyak uang karena pengeluaran yang lebih sedikit.

#7 Kurangi Biaya Transportasi

Biaya transportasi bisa menjadi pengeluaran tertinggi daripada pengeluaran lainnya. Jadi, jika anda benar – benar ingin berhemat, kurangilah biaya tranportasi yang harus dikeluarkan.

Jika pergi ke tempat yang cukup dekat akan lebih baik jika berjalan kaki atau bersepeda. Jangan terlalu sering menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

#8 Jaga Kesehatan

Jagalah kesehatan dengan rajin berolahraga, makan secara teratur, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan terus sehat anda akan menjadi lebih hemat.

Sedangkan, jika anda jatuh sakit malah akan menambah pengeluaran untuk biaya berobat. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk anda mengambil sebagian uang tabungan untuk membantu biaya pengobatan.

#9 Carilah Penghasilan Tambahan

Banyaknya penghasilan akan mempengaruhi gaya hidup seseorang. Namun, dengan menerapkan gaya hidup yang sederhana, maka anda dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk ditabung.

Cari penghasilan tambahan seperti dengan melakukan kerja paruh waktu untuk membantu segala kebutuhan anda. Dengan bertambahnya penghasilan, maka peluang untuk menyisihkan simpanan uang pun akan lebih terbuka.

Selain itu, dengan melakukan pekerjaan sampingan, waktu luang anda akan menjadi lebih bermanfaat. Daripada menggunakan waktu senggang untuk bersantai lebih baik jika memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

#10 Ikut Investasi

Investasi merupakan gaya hidup milenial dinamis dan modern serta energik. Investasi sebenarnya merupakan penghasilan di masa depan. Dengan berinvestasi sejak dini, banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh di masa depan.

Salah satu instrumen investasi paling cocok dengan kaum milenial adalah MODALBISNIS. Sebuah platform investasi bergaya milenial dengan berbasiskan Equity Crowdfunding. Jika anda baru mengenal istilah Equity Crowdfunding pengertiannya adalah : Layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis Teknologi Informasi.

Kaum milenial wajib melek teknologi, salah satunya adalah harus paham tentang Equity Crowdfunding itu sendiri. Sebagai sebuah platform MODALBISNIS akan menampilkan proyek pengembangan usaha dari Bisnis Partner yang sudah terverifikasi.

Untuk mengembangkan usaha tersebut dibutuhkan dana yang tidak sedikit, oleh karena itu pendanaan untuk usaha bisnis parter dibuka ke publik agar diketahui oleh para #investormilenial.

Keuntungan yang ditawarkan oleh MODALBISNIS adalah bagi hasil keuntungan antara #bisnispartner dengan #investormilenial.

Lebih lengkapnya klik laman MODALBISNIS, dan lakukan pendaftaran sekarang juga.

 

Membiasakan diri untuk hidup hemat bukanlah hal sulit selama anda memiliki keinginan kuat untuk berhemat. Semoga sukses, jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog MODALBISNIS di lain kesempatan. Dapatkan tips-trik menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *