Trik Jitu Agar Anak Semangat Dan Rajin Belajar

Tips

Anak-anak di usia dini memang masih sangat sulit untuk selalu konsisten dalam belajar. Namun kebiasaan tersebut masih bisa di ubah dengan didikan dan motivasi yang benar dari kedua orang tuanya.

Tentu saja peran orang tua merupakan hal yang sangat penting untuk pertumbuhan maupun perkembangan akademik anak. Penasaran bagaimana cara mendidik anak agar rajin belajar? Berikut ini 8 cara memotivasi anak agar rajin belajar yang bisa anda coba mulai sekarang.

Tips agar anak rajin belajar

#1 Ciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman Di Rumah

Nah cara pertama yang harus di lakukan yaitu dengan menciptakan suasana belajar yang nyaman dirumah. Karena proses belajar anak akan sangat terpengaruh dengan linkungan.

Sebaiknya ciptakanlah rumah dengan ventilasi yang cukup agar tidak pengap juga ciptakanlah ruangan yang tenang hal ini bertujuan agar proses belajar anak menjadi lebih kondusif. Selain itu jauhkanlah anak dari jaungkauan mainan yang dimiliki, smathphone ataupun televisi, agar proses belajar anak tidak terganggu.

#2 Berikan Bimbingan

Ada banyak alasan mengapa anak malas belajar, mungkin saja mereka memiliki kesulitan untuk menerima pelajaran. Untuk itu maka anda sebagai orang tua harus bisa masuk ke kehidupan nya,

Berikanlah bimbingan ketika anak sedang mengerjakan PR selain itu berikanlah penjelasan ketika mereka sedang mengalami kesulitan saat mengerjakan. Hal tersebut memiliki manfaat yaitu bertambahnya semangat belajar anak untuk mengerjakan PRnya dikarenakan perhatian yang diberikan.

#3 Menerapkan Jam Belajar Dengan Disiplin

Selain itu buatlah jam belajar dengan disiplin sepakatilah dengan anak kapan jam yang ia inginkan untuk belajar. Hal ini bertujuan agar aktifitas anak yang disukai tidak di tinggalkan hanya karena belajar yang nantinya akan membuat anak bosan.

Menerapkan jam belajar juga akan membuat anak bisa belajar dengan mandiri mengatur waktu.

#4 Jelaskan Manfaat Belajar

Jika anak masih malas dalam belajar, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan menjelaskan manfaat dari belajar. Berikanlah penjelasan bahwa dengan belajar nantinya akan bisa meraih dan mendapatkan apa yang di cita-citakan.

Mungkin hal ini sangatlah sepeleh namun penting, dengan menjelaskan manfaat belajar tentunya akan menambah motivasi untuk anak dalam belajar karena telah memahami tujuan nya.

#5 Berikan Fasilitas Buku Yang Bermutu

Memberikan fasilitas juga menjadi hal yang sangat penting agar anak tidak malas dalam belajar. Berikanlah buku pada anak yang bermutu, tidak harus selalu tentang pelajaran berikanlah anak buku novel ataupun cerita.

Cara tersebut tentunya akan membuat anak rajin dan terbiasa dalam membaca.

#6 Beri Pujian

Hal yang perlu dilakukan untuk menambah semangat anak yaitu dengan memberikan nya pujian. Tentunya pujian ini akan membuat anak semakin termotivasi untuk belajar.

#7 Berikan Tantangan

Tantangan pada anak juga sangat perlu agar anak semakin semangat untuk belajar. Misalnya janjikanlah anak hadiah jika ia bisa mendapatkan nilai yang cukup besar.

Hal ini akan membuat anak merasa tertantang dan semakin semangat dalam belajar.

#8 Berikan Feed Back

Selain itu ketika anak sudah di berikan tantangan, berikan lah dia feed back atau timbal balik. Misalnya ketika anak berprestasi dan mendapatkan nilai yang cukup besar berikanlah hadiah. Namun sebaliknya ketika anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *