Atur Keuangan Pribadi, Inilah yang Harus Kalian Lakukan!

  • by

Atur Keuangan Pribadi – Memiliki penghasilan yang sebesar apapun tidak akan cukup dalam memenuhi kebutuhan hidup jika tidak paham cara mengatur keuangan yang baik. Bahkan orang kayapun akan mengalami masalah keuangan jika tidak mengatur uangnya dengan baik.

Mengelola uang perlu dilakukan untuk menggapai kesuksesan finansial. Apalagi dimasa-masa pandemi ini yang menuntut kita untuk mengatur keuangan lebih baik lagi.

Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan dalam atur keuangan pribadi. Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan baik ya!

1. Total Keuangan Bersih

Kalian harus mengetahui total keuangan seluruhnya dikurangi kewajiban. Gunanya untuk melihat finansial saat ini baik-baik saja dan bisa membantu finansial kedepannya.

Uang ini yang akan kalian pegang setelah melunasi segala keperluan lainnya. Setelah mengetahuinya kalian bisa membuat anggaran, menentukan tujuan keuangan, data pengeluaran dan   tersebut.

2. Kegunaan Keuangan Pribadi

Kalian juga harus mengetahui apa yang diinginkan. Misalnya, menabung untuk masa depan, liburan, pendidikan perguruan tinggi anak, mobil baru, bahkan melunasi semua utang dan lain-lain.

Lakukan secara perlahan untuk mengatur keuanganmu. Dengan merencanakan kegunaan uangmu untuk apa saja akan mempermudahkanmu kedepannya. Jadi, kalian tidak khawatir jika ada pengeluaran yang cukup besar mendadak, sebab kalian memiliki tabungan tersebut.

3. Catat Arus Kas

Kalian juga harus sesering mungkin melihat catatan pendapatan dan pengeluaran. Ini berguna sekali untuk membuat kondisi keuangan yang stabil. Catatan yang kalian buat tidak harus detail layaknya profesional, cukup simpel saja. Seperti, kalian membuat catatan pendapatan yang masuk dan pengeluaran. Dengan begitu, kalian akan mengetahui besar pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya.

4. Menyimpan Uang Kembalian

Banyak sekali yang meremehkan uang kembalian, apalagi uang tersebut merupakan uang receh. Nominal uang receh memang tidaklah besar, namun jika dikumpulkan akan menjadi uang penting di waktu genting. Kalian bisa menyimpannya di dalam sebuah toples atau celengan.  Ya, mungkin semacam tabungan begitu.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Dengan penghasilan tambahan akan membantumu dalam mengatur keuangan kedepannya. Jadi, kamu tidak hanya mengandalkan pemasukan dari 1 arah saja, namun dari berbagai arah. Pastikan kamu bisa mengatur waktu dan uang agar tidak salah langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *