Fungsi-Fungsi Manajemen- Sering kita ketahui makna dari manajemen yang sudah tidak asing lagi . Manajemen adalah sebuah proses agar bisa mencapai tujuan dalam suatu organisasi yang bisa bekerja sama langsung dengan sumber daya yang dipunyai dengan tepat. Fungsi dari manajemenpun banyak, fungsi yang paling mendasar adalah perencanaan(planning), pengorganisasian(organizing), penggerakan(actuating), dan pengawasan(controlling). Dibawah ini , dijelaskan fungsi manajemen sebagai berikut .
a. Perencanaan ( Planning )
Planning merupakan beberapa proses pemilihan/penetapan tujuan organisasi dan penentuan berbagai strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Perencanaan harus dibuat dengan teliti dan jelas , agar impian yang diinginkan terwujud dengan sempurna.
Planing memiliki beberapa tahapan diantaranya sebagai berikut:
- Top Level Planning, perencanaan yang bersifat strategis ini memberikan petunjuk umum ,rumusan tujuan, pengambilan keputusan, serta memberikan petunjuk pola penyelesaiaan dan sifatnya menyeluruh.
- Middle Level Planning, perencanaan ini bersifat administratif yang meliputi berbagai cara menempuh tujuan dari sebuah perencanaan dijalankan .
- Low Level Planning, perencanaan ini bertujuan untuk memfokuskan diri dalam menghasilkan sehingga planning ini mengarah pada seluruh kegiatan operasional dan perencanaan ini menjadi tanggungjawab manajemen pelaksana.
Menurut T.Hani Handoko ada 4 tahap yang harus dilalui dalam proses perencanaan yaitu:
- Menentapkan Beberapa Tujuan
- Merumuskan Keadaan Sekarang
- Mengidentifikasi Kemudahan dan Hambatan
- Mengembangkan Perencanaan Untuk Mencapai Tujuan
Manfaat dari pembuatan perencanaan yang baik adalah sebagai berikut:
- Dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan
- Dapat menjamin tercapainya tujuan organisasi
- Dapat mengurangi resiko yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang
- Mudah dalam melakukan pengawasan
Syarat-syarat perencanaan yang baik , yaitu :
- Mempunyai tujuan yang jelas
- Sederhana yang tidak mempersulit pelaksananya
- Memuat analisa pada pekerjaan yang akan dilakukan
- Fleksibel , bisa mengikuti perkembangan yang terjadi
- Mempunyai keseimbangan tanggungjawab dan tujuan yang selaras disetiap bagian
- Mempunyai kesan sesutau yang dimiliki tersedia dan bisa dipergunakan dengan efektif serta berdaya guna
b. Pengorganisasian ( Organizing )
Organizing merupakan suatu kegiatan pengaturan dalam sumber daya manusia/pekerja yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk bisa melaksanakan rencana yang sudah ditetapkan dengan baik guna mencapai tujuan utama perusahaan.Berikut segala kegiatan yang ada dari pengorganisasian ,yaitu :
- Menetapkan berbagai tugas dan prosedur yang dibutuhkan
- Menetapkan struktur perusahaan beserta kewajibannya
- Kegiatan merekrut,menyeleksi,melatih dan mengembangkan tenaga kerja
- Kegiatan penempatan tenaga kerja dalam posisi yang tepat
Manfaat dari organizing antara lain:
- Membagi rata atas tugas yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan
- Menghasilkan spesialisasi saat menjalankan tugas
- Tenaga kerja dalam perusahaan mengetahui tugas apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan
Fungsi dari pengorganisasian yaitu:
- Rancangan tujuan sangat jelas
- Pembagian tugas jelas
- Pendelegasian wewenang dari manajemen atasan kepada bawahan
- Memiliki manajer yang profesional yang mampu mengatasi segala aktivitas perusahaan
c. Pengarahan ( Directing )
Directing merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan kinerja tenaga kerja suatu perusahaan agar dapat mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan . Kegiatan pada directing ini meliputi :
- Membimbing dan memberikan motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efesien
- Memberikan tugas dan penjelasan secara rutin tentang kewajiban para tenaga kerja
- Menjelaskan segala kebijakan yang telah ditetapkan
d. Pengendalian ( Controlling )
Controlling adalah kegiatan pengawasan tenaga kerja agar perkerjaan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Berikut beberapa langkah dalam proses pengendalian yaitu:
- Menetukan standar dan metode untuk mengukur prestasi para pekerja
- Menentukan tingkat prestasi kerja apakah sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan
- Pengambilan tindakan koreksi atau perbaikan
Hal yang perlu diperhatikan agar controlling berjalan dengan lancar ,yaitu:
- Routing, manajer harus bisa menangani dengan segala cara untuk mengatahui letak dimana sesuatu sering terjadi suatu kesalahan
- Scheduling,manajer harus bisa menetapkan dengan tegas waktu pelaksanaan pengawasan dijalankan .
- Dispatching,manajemen harus bisa menyampaikan dengan baik mengenai evaluasi kinerja kepada unit delegasi
- Follow up, merupakan proses tindak lanjut dan menyampaikan informasi. Ini dilakukan untuk memperbaiki kesalahan kinerja.
Itulah beberapa penjalasan fungsi dari manajemen . Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Panatu terus blog Modalbisnis untuk mendapatkan artikel baru .